SULSELBAR

Bupati Sebar Ribuan Bibit Ikan di Sungai Saddan

KOLAKAPOS, Makale–Menyikapi maraknya peredaran ikan berformalin yang didatangkan dari berbagai daerah. Maka Pemerintah Kabupaten Tana Toraja menggelar launching penyebaran bibit ikan air tawar. Kegiatan ini dilaksanakan di Siguntu’, Kelurahan Lion Tondok Iring, Kecamatan Makale Utara.

Dihadapan masyarakat, Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program Pemerintah Kabupaten Tana Toraja yang bersifat pemberdayaan. Dalam mengajak masyarakatnya untuk dapat berproses karena selama ini terkesan masyarakat selalu hidup instan (membeli ikan,red).

Dikatakannya, pemerintah berharap lewat kegiatan ini bisa merubah kebiasaan dari konsumtif menjadi produktif. Dimana lewat kegiatan kemandirian dalam membuat pembibitan ikan itu sendiri.

Pemerintah pun, kata bupati, telah meyiapkan dana untuk pembelian hasil pembibitan dari masyarakat. Ini semuanya dalam daya dan upaya peningkatan ekonomi bagi masyarakat tani untuk kesejahteraan.

“Masyarakat harus mandiri, dapat mengelolah bibit yang diberikan dan juga dapat menyebarluaskannya di kemudian hari,” kata Nico
Nico menambahkan, kedepannya Babinsa dan Babinkhamtibnas akan dilibatkan dalam setiap kegiatan pemerintah di masing-masing kelurahan, lembang dalam wilyah Tana Toraja.

 

Bibit ikan yang disebarkan hari ini (kemarin,red) ada dua titik yakni di Siguntu Kecamatan Makale Utara, sebanyak 35 ribu bibit dan di Bera, Makale Selatan sebanyak 25 ribu bibit. Adapun bibit ikan yang disebar adalah ikan nila, mas dan lele.

Penyerahan bibit ini dilakukan secara simbolis oleh Bupati Nicodemus Biringkanae kepada Camat Makale Utara, Danial Pappang. Sementara, Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi menyerahkan bibit ikan kepada Tokoh Masyarakat di Siguntu, Makale Utara.

Camat Makale Utara, Danial Pappang, mengucapkan terima kasih kepada Bupati bersama OPD dalam hal ini Dinas Perikanan. Yang telah melakukan program di Kecamatan Makale Utara sehubungan dengan Lauching penyebaran bibit ikan air tawar.

“Harapan kami, pemerintah kecamatan akan mendistribusikan kepada seluruh masyarakat. Mudah-mudahan ini bisa berhasil sehinggah program ini bisa berkesinambungan terus-menerus,” ungkapnya.

Lanjutnya, kedepan dapat mendorong masyarakat dan menjadi motivasi untuk bagaimana bisa berkarya. Jadi sedapatnya bibit yang disebar kedepan ini harus bibit dari Kecamatan Makale Utara, tandasnya.

 

Kegiatan ini juga dihadiri pihak Kejaksaan, Pengadilan, anggota DPRD, Luther Patasik (PDIP), Polres Tana Toraja, Kodim 1414 Tana Toraja, Lurah Tambunan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pendidikan dan Tokoh Agama.(palopopos/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top