METRO KOLAKA

Kadis TPH : Tanam Padi Serempak Untuk Memutus Siklus Hama

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Kolaka–Petani diharapkan mampu menyerap teknologi budidaya pertanian yang ramah iklim guna meminimalisir serangan hama. Petani juga diharapkan bisa tanam padi serempak untuk memutus siklus hama dan penyakit padi.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) La Ramuli mengatakan seharusnya petani di Kolaka ini bisa melakukan penanaman secara serempak. Dengan tanam serempak maka akan mengurangi serangan hama pada tanaman padi.

“Saya menghimbau kepada para kadang tani untuk bergotong royong untuk mengendalikan serangan hama secara terpadu,” ujarnya.

Ia meminta petani segera melaporkan ke petugas pengamat hama atau penyuluh yang ada di desa, jika ada serangan hama. Pada musim tanam April-September (Asep) tahun ini, serangan hama dan penyakit pertanian biasa naik cukup signifikan, terutama hama wereng batang coklat. Perubahan cuaca dan anomali iklim menjadi salah satu penyebab merebaknya hama wereng batang coklat.

“Pengendalian hama sporadis, kurangnya predator alami dan berbagai faktor lain juga berkontribusi terhadap meningkatnya serangan,” ujarnya.

Seperti diketahui, wereng batang coklat merupakan salah satu hama berbahaya pada pertanaman pada karena mampu menimbulkan kerusakan baik secara langsung maupun tidak langsung. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top