BERITA UTAMA

Antam Gelar Baksos Tubektomi

Proses operasi tubektomi kepada salah satu pasien di Rumah Sakit Antam Pomalaa.FOTO:ist/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Mendengar kata sterilisasi dengan melakukan operasi tubektomi, banyak pasangan yang ketakutan dan menolak untuk melakukannya. Banyak alasan dalam menolaknya, mulai dari takut pada proses operasi hingga biaya yang harus dikeluarkan.
Di Pomalaa, PT Aneka Tambang (Antam) Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Sultra, memudahkan masyarakat yang ingin melakukan sterilisasi dengan menggelar bakti sosial operasi tubektomi secara gartis, yang dilaksanakan di Rumah Sakit Antam Pomalaa, Kolaka, Sabtu (16/9).
Vice President Human Capital and Corporate Social Responsibility (VP HC & CSR) PT Antam UBPN Sultra Hakim Nur Mampa mengatakan, sebanyak 15 wanita mengikuti operasi tubektomi. Kegiatan tersebut merupakan salah satu kontribusi CSR PT Antam disektor kesehatan.
“Bakti sosial ini (operasi tubektomi, red) bukan pertama kalinya diadakan oleh Antam. Sebelumnya, ada banyak kegiatan bakti sosial yang sudah dilaksanakan, seperti operasi bibir sumbing, sunatan massal, donor darah dan operasi katarak. Dimana kegiatan ini juga merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT PT Antam ke 49 yang jatuh pada Juli lalu,” ujarnya.
Menurutnya, tubektomi sejalan dengan salah satu nilai-nilai Antam yakni Harmoni. Antam hidup di tengah-tengah masyarakat dan akan selalu harmonis karena sebagai perusahaan BUMN, Antam sangat peduli dengan kesehatan dan mendukung program pemerintah dengan dua anak cukup.
“Bakti sosial ini merupakan kerjasama PT Antam UBPN Sultra dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kolaka, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kolaka serta Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kolaka,” ungkapnya.
Untuk diketahui, tubektomi adalah metode kontrasepsi atau pencegah kehamilan yang dilakukan oleh wanita. Tak seperti pil KB atau spiral yang bisa dihentikan kapan pun ketika memutuskan untuk hamil, tubektomi sifatnya permanen. Cara kerja tubektomi adalah memotong atau mengikat saluran tuba falopi, sehingga sel telur tidak bisa menemukan jalan menuju rahim. Sel sperma juga tak bisa mencapai tuba falopi dan membuahi sel telur. (ist)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top