EKOBIS

Honda Jazz Masih Unggul, Suzuki Baleno Mulai Membayangi

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Surabaya–Honda meluncurkan New Honda Jazz di Surabaya pada Juli lalu. Sebulan kemudian, Suzuki meluncurkan Baleno hatchback.

Penjualan kedua produk baru itu pun beriringan. Sejak diluncurkan, New Honda Jazz terjual 327 unit.

Angka tersebut sesuai dengan target yang dibidik Honda Surabaya Center (diler utama Honda di Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara), yakni 300–350 unit per bulan.

Sementara itu, Suzuki Baleno hatchback membukukan penjualan 190 unit sampai akhir Agustus.

Marketing and Aftersales Service Director Honda Surabaya Center Wendy Miharja menyatakan, pihaknya berupaya menjaga konsumen loyal Honda seperti pemakai Brio yang ingin naik kelas.

Hasilnya, Honda Jazz konsisten menjadi penguasa pasar di kelas mobil tanpa buntut dengan total penjualan 1.622 unit pada periode Januari–Agustus lalu.

Pangsa pasar Honda Jazz pun naik 12,3 persen. Pada periode Januari–Juli 2016, pangsa pasar Honda Jazz mencapai 44,3 persen.

Setelah itu, pangsa pasar Honda Jazz naik menjadi 56,6 persen pada periode yang sama tahun ini.

Hadirnya dua varian baru di segmen tersebut juga diharapkan mampu berdampak terhadap pasar hatchback yang terus menurun.

Pada periode Januari–Juli 2017, pasar hatchback di Jatim merosot 15 persen (yoy). Tahun lalu, penjualan hatchback mencapai 2.993 unit dan merosot menjadi 2.543 unit pada Januari–Juli 2017.

Menurut Wendy, tak bisa dimungkiri kehadiran kendaraan low cost green car (LCGC) berdampak terhadap penurunan pasar hatchback.

’’Dulu masyarakat jika ingin membeli kendaraan kecil yang tersedia paling murah adalah hatchback. Kini ada LCGC yang lebih terjangkau sehingga masyarakat lebih memilih LCGC,’’ terangnya.

Selain itu, pada rentang harga pasar hatchback, terdapat segmen lain yang diminati konsumen.

Yakni, low multi-purpose vehicle (LMPV) seperti Toyota Avanza/Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, maupun Mitsubishi Expander.

Hatchback juga harus bersaing dengan low sport utility vehicle (LSUV) seperti Rush/Terios, Honda HR-V, Suzuki S-Cross, Nissan CX-3, Chevrolet Trax, dan Juke.

’’Banyaknya variasi itulah yang membuat pasar hatchback terpecah dan berdampak terhadap penjualannya,’’ imbuh Wendy.

Sales & Marketing Director PT United Motors Center Fredy Teguh Prasetyo menambahkan, dari total 190 surat pemesanan kendaraan Suzuki Baleno, terdapat 90 unit yang masih inden.

Pengiriman unit paling cepat dilakukan Oktober mendatang. ’’Kami meminta tambahan pasokan dari Suzuki pusat untuk memenuhi pemesanan,’’ terangnya.

Hingga akhir tahun, Suzuki menargetkan merebut 10–15 persen pasar hatchback di Jatim.

Selanjutnya, target penjualannya mencapai 55–70 unit per bulan di wilayah Jatim saja. (jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top