BERITA UTAMA

La Bakri Resmi Jabat Plt Bupati Buton

Plt. Gubernur Suktra Saleh Lasata saat menyerahkan penugasan Plt Bupati Buton Kepada La Bakri. (Foto Asbar/KoP)

KOLAKAPOS, Kendari — Wakil Bupati Buton La Bakri resmi menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Buton setelah Plt.
Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Saleh Lasata menyerahkan surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 131.74/375/SJ tanggal 23 agustus 2017 perihal penugasan Wakil Bupati Buton sebagai plt bupati Buton. Senin (18/9).

Dalam sambutannya Saleh Lasata megatakan pengangkatan La Bakri sebagai Plt. Baru Bisa bisa laksanakan meskipun Surat pengangkatannya telah dikeluarkan mendagri sejak tanggal 23 Agustus lalu. “Bukan saya ingin molor-molor waktu tapi kesibukan kita semua, sehingga baru hari ini bisa kita laksanakan,” sebutnya.

Dikatakan pengangkatan La Bakri sebagai plt untuk mengisi kekosongan jabatan sebab saat ini Umar Samiun masi bersatus tahanan KPK dan telah dinonaktifkan sebagai Bupati Buton. “Bahwa dengan dinonaktifkan Bupati Buton otomatis roda pemerintahan itu harus tetap berjalan tidak boleh berhenti maka diambil kebijakan wakil diperluas lingkup kerjanya menjadi pelaksana tugas,” katanya.

Disebutkan meskipun telah menjabat sebagai Plt. namun dalam menjalankan tugas tugas yang tehnis La Bakri harus tetap berkoordinasi dengan Bupati Non aktif, Mendagri maupun gubernur sendiri, dan dalam kesempatan ini Saleh Lasata meminta agar La Bakri segera membuat Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD).

“Tapi bukan berarti semuanya sudah diambil alih tetap dia harus melapor kepada bupati kemudian juga pada Mendagri termasuk juga kepada Gubernur, saya juga meminta karna pak Umar Samiun dan Pa La Bakri baru dilantik beberapa waktu lalu untuk periode kedua, agar segera merancang RPJMd,” katanya.

Sementara itu La Bakri mengaku dalam melaksanakan jabatannya akan senantiasa mengikuti apa yang telah diarahkan oleh Plt Gunernur Sultra. Seperti melakukan koordinasi dengan Bupati Non Aktif Umar Samiun.

“Kecuali seperti yang disampaikan bapak PLT tadi itu yang protokol harian itu yang biasa tapi selebihnya saya tetap koordinasi pada Pak Bupati Mendagri maupun Bapak PLT Gubernur sendiri. Seluruh kebijakan strategis seperti ini mau penyusunan rpjmd dan kemarin ada lelang jabatan untuk eselon II dikonsultasikan (kepada Umar Samiun. red) arahnya seperti apa,” singkatnya.(k1/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top