METRO KOLAKA

Pemkab Kolaka Bantu 80 orang Lansia Produktif

KOLAKAPOS, Kolaka — Kadis Nakertrans Kolaka H.Andi Sastra Pengerang melalui kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnakertrans Kolaka, Laode Rahmat mengatakan pihaknya telah berhasil mendapatkan program pemerintah pusat berupa pemberdayaan lansia yang masih produktif. Dimana masyarakat Lanjut Usia (Lansia) nantinya akan diberikan bantuan modal untuk usaha.

“Bantuannya nanti itu bukan berupa uang, tetapi berupa barang berdasarkan kebutuhannya. Misalnya dia mau buka bisnis menjahit, maka kami belikan mesin jahit atau kalau mau beternak maka kami belikan ternaknya. Namuan ada syarakat dna ketentuan yang harus dilakukan oleh lansia tersebut,” jelasnya.

Dia menuturkan, untuk program bantuan pemberdayaan lansia itu pihaknya mendapatkan empat paket dari pusat. Dimana setiap paketnya diperuntukkan kepada 20 lansia dengan anggaran Rp 100 juta per paketnya. Sehingga, total lansia yang mendapat bantuan tersebut yaitu 80 orang.

Kata Rahmat, lansia yang akan diprioritaskan untuk mendapat bantuan tersebut adalah lansia yang berusia di atas 60 tahun dan memiliki keterampilan. Selain itu, penerima bantuan harus memiliki pengalaman yang berhubungan dengan bantuan yang diinginkannya.

“Jadi yang mendapatkan bantuan ini bukan yang baru mau mulai usaha. Tetapi dia punya keterampilan dan memilki embrio usaha hanya ada kendala. Kami berupaya agar bantuannya sudah mulai bisa disalurkan Oktober mendatang,” tukasnya.(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top