BERITA UTAMA

Calon Independen Harus Didukung Minimal 10 % dari DPT

Pemberitahuan syarat minimum dukungan.

KPU Kolaka Rilis Jumlah Minimum Syarat Dukungan Calon Independen

KOLAKAPOS, Kolaka–Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kolaka merilis Jumlah Minimum Syarat Dukungan Calon Independen bagi masyarakat di Kabupaten Kolaka atau diluar Kabupaten Kolaka yang berkeinginan untuk mencalonkan diri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kolaka tahun 2018 dari jalur perseorangan / independen. Hal ini disampaikan oleh Ketua KPU Kolaka, Lukman pada Selasa (18/9).
“Bahwa Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kolaka telah merilis jumlah minimum Syarat Dukungan dan Sebaran Dukungan Pasangan Calon Perseorangan dalam penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kolaka yaitu harus harus didukung paling sedikit 10% (sepuluh persen) dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pemilu atau pemilihan terakhir,” papar Lukman.
Dan lanjutnya dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pemilu atau pemilihan terakhir yaitu sebanyak 16.487.7 pemilu, maka 10 persen dari DPT pemilu terakhir tersebut jumlah minimum syarat dukungan yaitu 16.488 (Enam Belas Ribu Empat Ratus Delapan Puluh Delapan) Pemilih.
Tambahnya pula Jumlah minimum sebaran dukungan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Tahun 2018 sebagaimana dimaksud pada angka 1 (satu) tersebut diatas harus tersebar dilebih dari 50% jumlah kecamatan di Kabupaten Kolaka. “Dan minimum sebarannya itu harus di tujuh kecamatan, karena 50 persen dari 12 Kecamatan yang ada,” terangnya.
Dia juga menambahkan Penyerahan syarat minimum dukungan dan sebaran dukungan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kolaka tahun 2018, dilaksanakan pada tanggal 25 Nopember 2017 sampai dengan 29 Nopember 2017 di Kantor KPU Kabupaten Kolaka.
Tambahan lain juga disampaikan oleh Aidil Adha, Komisioner KPU Kolaka divisi teknis, bahwa jumlah minimum syarat dukungan dan sebaran akan di teliti nantinya.
“Penelitian jumlah minimum syarat dukungan dan sebaran dukungan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati kolaka tahun 2018 tersebut di atas dilaksanakan mulai tanggal 26 Nopember 2017 sampai 1 Desember 2017,” tambahnya.
Lanjutnya hal-hal teknis lainnya akan diinformasikan kepada publik. (Cr4/b/hen)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top