BERITA UTAMA

Gandeng Pihak Bank, Pemda Koltim Optimis Penuhi Kebutuhan Daging Sapi

KOLAKAPOS, Tirawuta–Guna menyukseskan program pemerintah daerah (Pemda) Kolaka Timur (Koltim) dibidang peternakan, Pemda Koltim menggandeng pihak bank swasta dalam bekerjasama mengembangkan usaha penggemukan sapi potong.

Sebagai langkah awal Pemda Koltim melalui Dinas Pertanian, menggelar sosialisasi kredit pengemukan sapi potong yang dihadiri para kelompok peternak dan jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemda Koltim, dan pimpinan Bank Sultra di aula kantor Dinas Pertanian Koltim Selasa (19/9/2017).

Kepala dinas (Kadis) Pertanian Lasky Paemba mengatakan untuk menyukseskan visi-misi Bupati Koltim dibidang agrobisnis dan peternakan pihaknya mencoba memfasilitasi masyarakat dalam mengembangkan usaha sapi potong melalui kerja sama bank Sultra, sehingga masyarakat terbantu dalam pengadaan modal ” Yang menjadi salah satu kendala di masyarakat yaitu kurangnya modal dalam mengembangkan usahanya ” ungkapnya.

Untuk itu, kata dia melalui bantuan kredit yang diberikan kepada kelompok tani dapat membantu masyarakat dalam mengembangkan atau memperluas usahanya, sehingga kedepan kesejahteraan warga terus meningkat. Apalagi kredit yang diberikan oleh pihak bank cukup besar dan suku bunganya ringan ” Dalam 1 kelompok diberikan dana sekitar Rp 28 juta, dimana dalam setahun warga hanya menyetor bunga dan pokoknya sekitar Rp 30 juta saja” katanya.

Apalagi, kondisi alam yang ada diKoltim cukup bagus, dalam mengembangkan sapi potong, sehingga melalui kerjasama ini, diharapkan kebutuhan daging sapi dapat terpenuhi setiap tahunnya. Peternakan sapi juga mempunyai dua keuntungan selain dagingnya juga kotorannya yang bisa dijadikan pupuk organik, apalagi kebutuhan pupuk organik terus meningkat.

Tak hanya itu, kata Lasky pihaknya tidak ada batasan untuk kelompok peternakan yang ada di Koltim, asalkan setiap kelompok telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan ” Kita berharap dengan adanya pola kemitraan dan semakin banyaknya kelompok peternak, pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Koltim terus meningkat ” harapnya (M2/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top