KOLAKA TIMUR

Pencairan ADD Triwulan III Tunggu Rekomendasi BPMD Koltim

Kepala badan keuangan daerah Koltim Martha S Hutapea.

KOLAKAPOS, Tirawuta–Tak lama lagi anggaran dana desa (ADD) triwulan III (Juli, Agustus, September), akan segera dicairkan. Hal ini diungkapkan kepala badan keuangan daerah Koltim Martha S Hutapea saat ditemui media ini di ruang kerjanya, Selasa (19/9).
“Dananya sudah siap, tinggal kita menunggu rekomendasi pencairan dari pihak BPMD,” kata Martha.
Dalam proses pencairan kata Martha, kepala desa (Kades) harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh pihak badan pemerintahan dan masyarakat desa (BPMD), berdasarkan petunjuk teknis (Juknis) yang telah ditetapkan, sehingga jika sudah terpenuhi semua persyaratan maka pihaknya akan langsung mencairkan dana tersebut. “Jadi Kades memasukan dulu LPJ (laporan pertanggung jawaban, red)) kalau sudah dinyatakan lengkap oleh BPMD, maka kita akan bayarkan (ADD triwulan III, red),” jelasnya.
Menurutnya, sebanyak 117 desa semuanya akan dicairkan ADD-nya dalam bulan ini, tetapi bagi desa yang telah melengkapi semua persyaratannya saja yang akan dicairkan, jadi tak ada lagi alasan Kades untuk tidak secepatnya menyetorkan LPJ. “Saat ini LPJ desa sudah mencapai 75 persen dan kita harapkan secepatnya semua Kades menyetorkan LPJ-nya,” imbuhnya.
Olehnya itu, dia berharap agar para Kades segera melengkapi dan menyelesaikan semua regulasi proses pencairan mengingat waktu yang terus berjalan. “Kita harapkan lebih cepat lebih bagus,” tegasnya. (k9/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top