MUNA BARAT

Ratusan Hektar Sawah di Mubar Tidak Berfungsi

KOLAKAPOS, Laworo–Jumlah sawah yang tersebar dibeberapa Kecamatan di Kabupaten Muna Barat saat ini mencapai kurang lebih sekitar dua ribu hektar. Hal itu berdasarkan data yang dimiliki oleh Dinas Pertanian Kabupaten Muna Barat. Meski demikian, ternyata tidak semua sawah yang di wilayah daerah otonom baru hasil pemekaran kabupaten Muna itu, dapat difungsikan dengan baik. Melainkan ada yang tidak terfungsikan sesuai dengan peruntukannya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Muna Barat Alibidin Fiihi mengatakan, total sawah yang ada di Kabupaten Muna Barat mencapai kurang lebih sekitar dua ribu hektar yang sudah jadi. Namun yang difungsikan hingga saat ini sekitar kurang lebih 1.300 hektar. “Sisanya menjadi lahan tidur atau tidak difungsikan,” ungkapnya saat ditemui di halaman kantor bupati Muna Barat, kemarin.

Tidak berfungsinya ratusan hektar sawah di Kabupaten Muna Barat itu bukannya tak memiliki alasan. Melainkan persoalan saluran atau irigasi yang tidak ada sama sekali atau sudah mengalami kerusakan, sehingga sawah jadi yang siap pakai itu saat ini telah menjadi lahan tidur. “Irigasinya tidak ada atau mengalami kerusakan untuk saluran air menuju persawahan,” katanya.

Untuk itu katanya, semoga kedepannya irigasi persawahan yang ada di Muna Barat mendapat perhatian dari pemerintah untuk dilakukan perbaikan, sehingga sawah yang selama in dianggap tidur karena kekurangan air, dapat diolah kembali dan pendapatan masyarakat makin meningkat. Begitu juga dengan kebutuhan beras khususnya di wilayah Muna Barat dapat teratasi. (ing)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top