KOLAKA TIMUR

Sambut Tahun Baru Islam–Ketua MUI Sultra Dzikir dan Tabliq Akbar di Koltim

Wakil Bupati Koltim Hj Andi Merya Nur bersama jamaah saat menghadiri acara Dzikir dan Tabliq Akbar di Masjid Nur Huda Welala.FOTO:Neno/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Tirawuta–Banyak cara yang bisa dilakukan dalam menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah yang jatuh pada Kamis (21/9). Salah satunya seperti yang dilakukan Pemkab Koltim, dengan menggelar Dzikir dan Tabliq Akbar di Masjid Nurul Huda, kelurahan Welala, kecamatan Ladongi, yang dihadiri wakil bupati (Wabub) Koltim Andi Merya Nur, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sultra, KH Musyrin, dan jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) serta ribuan warga Koltim, Rabu (20/9) malam.
Dalam sambutannya, Andi Merya Nur mengatakan, Tabliq dan Dzikir ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT melalui momentum yang luar biasa, agar dapat melaksanakan secara bersama dengan seluruh masyarakat Kolaka Timur.
Hal ini juga karena merupakan salah satu ritual peting bagi umat Islam dalam menyambut tahun baru Islam. “Dengan berdzikir serta tabliq akbar bersama merupakan bentuk rasa syukur kita kepada yang maha kuasa. Apalagi dilaksanakan bersama masyarakat Kolaka Timur yang ditempatkan di Masjid Nurul Huda kelurahan Welala,” ungkapnya.
Ia juga mengajak kepada masyarakat Koltim yang hadir di Masjid, untuk terus meningkatkan iman dan ketakwaan kepada Allah SWT, dengan mendekatkan diri menunaikan segala perintahnya, meninggalkan segala yang diharamkannya.
“Untuk mencapai makna dan hikmah yang terkandung dalam tahun baru Islam ini, kita harus senantiasa meneladani apa yang telah diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW, dengan selalu menjalankan perintahnya dan menjauhi segala larangannya,” ujarnya.
Apalagi kata dia, saat sekarang ini kondisi di Koltim diperhadapkan dengan ujian dari Allah, mulai dari gagal panen karena intensitas hujan yang tinggi, serta musibah kebakaran.
“Dimana semua peristiwa ini merupakan peringatan dari Allah untuk kita jadikan barometer kita untuk lebih meningkatkan iman dan taqwa kita kepada yang maha kuasa,” katanya.
Sementara itu, Ketua MUI Sultra KH Musyrin, mengajak masyarakat agar selalu mengintropeksi diri dengan bermusabah, agar terhindar dari cobaan serta menghindari segara apa yang menjadi larangan Allah SWT, agar semua masyarakat menjadi pribadi yang baik, bertaqwa serta beriman.
“Mari kita dengan tetap bermuhasabah dari segala perbuatan dan sikap yang telah dilakukan di tahun sebelumnya, sehingga di tahun yang baru ini, kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya,” imbuhnya.
Tak luput ia mengingatkan masyarakat Koltim dengan masuknya tahun baru Islam ini, agar semua selalu melakukan pendekatan diri kepada Allah.
Untuk diketahui, pada kegiatan Dzikir dan Tabliq Akbar tersebut, Wakil Bupati Koltim Andi Merya Nur didampingi Kabag Kesra Ayi Wahyudin meyerahkan santunan kepada orang tua korban kebakaran (Anisa) dan juga kepada sejumlah anak yatim piatu. (k9/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top