MUNA BARAT

20 Kelompok Bakal Bagi 200 Ekor Sapi

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Laworo–Tahun 2016 lalu, Pemerintah Kabupaten Muna Barat mendapatkan bantuan 49 ekor sapi. Jumlah itu telah dibagikan kepada empat kelompok masyarakat yang tersebar di beberapa Kecamatan Muna Barat. Sapi yang dibagikan itu merupakan jenis sapi dalam negeri. Karena bantuan tersebut dianggap produktif, tahun ini Pemerintah Kabupaten Muna Barat melalui Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Muna Barat rencananya akan kembali memberikan bantuan sapi kepada masyarakat. Tapi, bantuan sapi pada tahun ini akan bersumber dari keuangan daerah.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Muna Barat Alibadin Fiihi mengatakan, untuk 2017 ini, pihaknya sudah mengusulkan. Namun sumber anggarannya bukan dari pusat. Melainkan dari APBD Perubahan dengan jumlah sapi mencapai kurang lebih sektar 200 ekor.

“Rencananya kita akan bagi kepada 20 kelompok ternak dan terbagi di beberapa Kecamatan yang ada dan dinilai layak untuk potensi peternakan sapi,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, selama ini daging sapi yang berasal dari Kabupaten Muna Barat belum sudah disuplai hingga Ke Kabupaten Muna hingga Buton. Sedangkan untuk kebutuhan daging sapi untuk masyarakat Muna Barat sendiri hingga saat ini masih bisa tercukupi atau terpenuhi. “Semoga dengan makin banyaknya peternak sapi di Muna Barat ini, makin meningkatkan kesejahteraan para peternak. Begitu juga dengan kebutuhan yang akan diperlukan. Baik itu ditingkat kabupaten mapun provinsi bisa terpenuhi,” tutupnya. (ing)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top