KOTA KENDARI

Rayakan Tahun Baru Islam, Warga Rebutan Tumpeng

Foto Bersama Pemerintah Desa dan Panitia Kegiatan dalam Menyambut Tahun Baru Islam.FOTO:Kadamu/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kendari–Masyarakat Muslim Memperingati Tahun Baru Islam dengan berbagai cara, salah satunya di  desa Mekar Sari, kecamatan Palangga kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) merayakannya dengan rebutan tumpeng.

Tumpeng tersebut didesain sedemikian rupa, dengan menggunakan hasil tani warga setempat, seperti sayur-mayur, Nanas, nangka, kelapa muda, dan lain sebagainya. Namun sebelum rebutan tumpeng terlebih dahulu warga mengelilingi desanya, dan menampilkan atraksi seperti, kuda lumping, dan bela diri taekwondo.

Kegiatan tersebut digelar setiap tahun dalam tiga tahun terakhir. Itu dinilai selain memperingati Tahun baru Islam juga mempererat tali siraturahim antar warga. “Warga di sini (Mekar Sari, red) sangat senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan tahun baru islam ini,” ucap Kepala desa Mekar sari Idi Subandri, saat mengikuti kegiatan tersebut. Kamis, (21/09) sore.

Ia menambahkan, kegiatan menyambut tahun baru islam itu digelar dengan menampilkan kegiatan kegiatan keagamaan, guna memperdalam keimanan Kepada Tuhan Yang Maha Esa. “Kegiatan ini juga banjir k hadiah yang diperebutkan, seperti Sajadah, Al-Quran, Tas, Sapu Ijuk, dan hadiah utamanya kompor gas, yang disponsori dengan FIF Group dan Wingsfood tambah Subandri.

Salah seorang warga yang datang dalam menyambut tahun baru islam itu Asep mengatakan, dirinya sangat bangga dengan pemerintah yang terlibat langsung dalam kegiatan itu, karena desa desa lain tidak dapat atau tidak sempat memperingati tahun baru islam ini. “Kami senang, karena kegiatan ini tiap tahun digelar, meskipun dananya kami patung patungan dengan warga lainnya,” ujarnya sembari tersenyum.

Untuk diketahui warga rebutan tumpeng setelah pembagian hadiah. Dan kemudian ratusan warga yang menyaksikan saat memperingati tahun baru islam tersebut. (P2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top