METRO KOLAKA

BPJS Ketenagakerjaan Sosiasi kepada 10 Desa di Iwoimendaa

Petugas BPJS Ketenagakerjaan Kolaka saat memaparkan program kepada aparat desa di Kecamatam Iwoimendaa.FOTO:Dadang/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Sebanyak 10 Desa di Kecamatan Iwoimendaa yang diwakili Kepada Desa, Sekretaris Desa dan perangkat Desa lainya mendapatkan Sosialisasi dari Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kolaka.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kolaka Andi Sastra Pangerang melalui Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Syarat Kerja Disnakertrans Kolaka, Abdulah Muzakkir, mengatakan agar semua aparatur desa diseluruh Kecamatan di Kolaka segera mendaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan karena profesi aparat desa rentan dari resiko kecelakaan kerja.

“Saya berharap semua aparat di Kolaka bisa mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan terutama aparat desa di kecamatam Iwoimendaa. Program BPJS Ketenagakerjaan sangat baik sebagai perlindungan pada aparat desa, baik itu kecelakaan ringan maupu kecelakaan fatal,” katanya.

Sementara itu Sekcam Iwoimendaa Mursidin juga menghimbau untuk semua aparat desa dan kelurahan di Kecamatan Iwoimendaa agar segera mendaftar di BPJS Ketenagakerjaan agar mereka bisa terlindungi dan dapat bekerja dengan nyaman.

“Kami akan bantu BPJS ketenagakerjaan untuk menyukseskan program perlindungan ini,” tuturnya.

Semantara itu petugas BPJS Ketenagakerjaan Kolaka Anang Ardiyanto, dijelaskan tentang pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan melalui program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) bagi pekerja terutama bagi para aparatur desa. BPJS Ketenagakerjaan sendiri merupakan badan hukum publik yang bertanggungjawab kepada Presiden dimana BPJS Ketenagakerjaan memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja Indonesia baik sektor formal maupun informal dan orang asing yang bekerja di Indonesia sekurang-kurangnya 6 bulan. Perlindungan yang diberikan berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

” Manfaat santunan Jaminan Kecelakaan mencapai 56 kali gaji bila mengalami cacat total sedangkan untuk jaminan kematian sebesar Rp.24 juta rupiah,”tuturnya

Sosialisasi yang digelar di Aula Kecamatan Iwoimendaa ini dihadiri Aparat Kecamatan Iwoimendaa yang diwakili oleh Sekcam Iwoimendaa Mursidin, S.AG, Disnakertrans Kabupaten Kolaka yang diwakili oleh Abdullah Muzakkir.SH. Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Syarat Kerja Disnakertrans Kabupaten Kolaka, BPJS Ketenagakerjaan Kolaka yang diwakili oleh Anang Ardiyanto selaku petugas perluasan BPJS Ketenagakerjaan Kolaka dan Seluruh Kepala Desa dan aparaturnya se- Kecamatan Iwoimendaa. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top