METRO KOLAKA

Masyarakat Samaturu Berharap Bantuan Dari Dinas Perikanan

KOLAKAPOS, Kolaka — Bantuan dari dinas Kelautan Kolaka sepertinya belum merata. Pasalnya Camat Samaturu M. Ridha mengakui bantuan dinas Perikanan Kolaka saat ini sangat di butuhkan oleh beberapa masyarakat nelayan yang ada di kecamaatn Samaturu. Bantuan yang dibutuhkan masyarakat adalah alat tangkap Ikan berupa kapal dan Pukat.

M. Ridha mengakau tahun 2017 bantuan dari dinas Perikanan Kolaka minim, oleh karena itu ia berharap kepala dinas Perikanan Kolaka untuk bisa membantu masyarakat nelayan yang hanya mencari nafkah dari melaut. Banyak masyarakat yang datang ke rumah jabatan camat untuk minta difasilitasi agar mendapat bantuan dari perikanan.

“Bantuan yang di butuhkan berupaka kapal, pancing, pukat atau jaring. Mereka sudah punya hanya saja alat tangkap masyarakat Samaturu sudah tidak layak di gunakan lagi. Harapan kami dinas perinakan bisa merealisasikanya,” katanya.

Sementara itu kepala Dinas Perikanan Kolaka H.Syafruddin mengaku saat ini bantuan di dinasnya sangat minim. Sehingga dinas Kelautan melakukan seksi kepada penerima bantuan.

“Tahun ini ada beberapa bantuan yang disalurkan, seperti kapal, pukat dan beberapa mesin kapal. Namuan pada bantuan tersebut sudah ada nama penerimanya. Kami memberikan bantuan berdasarkan proposal yang masuk. Setelah itu ada tim yang melakukan monitor di lapangan utnuk menentukan apakah nelayan layak mendapatkan bantuan atau tidak,” ujarnya.

Untuk keluhan Camat Samaturu ia memaklumi pasalnya memang di kecamatan Samaturu untuk 2017 minim bantuan dari perikanan. Untuk realisasi bantuan yang diminta oleh camat sepertinya tidak bisa terealisasi karena semua bantuan telah ada daftar penerimanya.

“Insyaallah kami akan upayakan untuk anggaran 2018 nanti. Masyarakat bisa usulkan proposal permintaan nanti dinas Perikanan nanti kita akan melakukan monitor dan survei kepada kelompok nelayan yang membutuhkan bantuan tersebut,” tambahnya (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top