METRO KOLAKA

Padang Penggembalaan Kembangkan Pangan Alami Sapi

Ketgam : Bupati Kolaka H.Ahmad safei didampingi Kadis perkebunan dan peternakan (H. Muh. Bachrun Hanise), kepala Bidang peternakan (Ansar) dan Sekdis (Darwis) saat melakukan peninjauan di Padang pengembalaan di desa Mataosu kecamatan Watubangga. Foto : Dadang Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kolaka saat ini mengembangkan pakan alami dikawasan padang penggembalaan di desa Mataosu kecamatan Watubangga. Dari luasan 100 hektar sudah ada sekitar 15 hektar pakan alami yang dikembangkan di lokasi tersebut.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kolaka Ansar mengatakan, saat ini padang penggembalaan yang terletak di desa Mataosu sedang mengembangan pakan alami untuk ternak sapib yang berada di dalam padang pengembalaan. Jenisnya rumput gajah mini dan beberapa rumput hamparan.

“Kami sudah melakukan program penanaman rumput pakan sapi di padang pengembalaan. Untuk saat ini yang sudah di tanami sekitar 15 hektar. Dan saat ini sedang menyusul dalam proses pengolahan tanah sekitar tiga hektar,” ujar Ansar.

Untuk kendala yang dihadapi saat ini yaitu ketersediaan air untuk melakukan penyiraman lokasi penanaman. Sumber air yang digunakan saat ini hanya satu unit dan tidak mencukupi untuk perawatan rumput yang ditanam.

“Kami memerlukan banyak air di lokasi padang penggembalaan. Kondisi kekurangan air membuat banyak rumput yang tumbuh kerdil. Selain itu alang-alang juga menjadi masalah yang cukup membuat dinas kewalahan. Pertumbuhan alang-alang sangat cepat. Bahkan ada di beberapa wilayah padang pengembalaan yang penuh dengan alang-alang,” tambahnya.

Untuk melakukan perawatan rumput dipadang penggembalaan Disbunak harus mengeluarkan sapi peliharaan agar bisa mencari makanan alami di sekitar padang penggembalaan. Namun pada sore harinya sapi kembali di masukan kedalam padang pengembalaan.

“Alahamdulilah saat ini sapi terus berkembang, untuk jumlah sapi saat ini sekitar 100 ekor,” kata Ansar(hud)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top