SULSELBAR

BPS akan Survei Teroris dan Penilaian Integritas

BKM/AMIRUDDIN NUR HARI STATISTIK NASIONAL -- KEPALA BPS SULSEL, NURSAM SALAM (KIRI) DIDAMPINGI KEPALA BIDANG FEDERASI PENGELOLAAN DAN STATISTIK BPS SULSEL, MUKTAMAR AMAL, MENJELASKAN HARI STATISTIK NASIONAL 2017

KOLAKAPOS, Makassar — Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Selatan akan menggelar sejumlah kegiatan dalam rangka turut memeriahkan Hari Statistik Nasional yang jatuh pada 26 September 2017 ini. Rangkaian awalnya dengan menggelar coffee morning bersama kalangan pers yang ada di daerah ini, di Grind & Pull, Jalan A Mappanyukki.

”Kita sengaja mendahulukan kegiatan bersama pers. Karena pers adalah ujung tombak kami dalam menyampaikan hasil statistik yang kami teliti di lapangan. Sehingga peran sahabat-sahabat pers memang sangat besar,” kata Kepala BPS Sulsel, Nursam Salam didampingi Kepala Bidang Federasi Pengelolaan dan Statistik BPS Sulsel, Muktamar Amal, kemarin.

Menurut Nursam, coffee morning sengaja digelar di luar kantor BPS untuk menghadirkan kesan santai dan akrab antara seluruh media dan pemangku kepentingan dari BPS Sulsel. BPS Sulsel juga bakal menggelar sejumlah kegiatan seperti apel peringatan, seminar statistik yang melibatkan internal dan eksternal BPS seperti pengamat ekonomi hingga sejumlah stakeholder.

Tentang tugas dari BPS sendiri, menurut Nursam, boleh dikata sangat strategis dalam mendukung berbagai kebijakan maupun program yang akan dilaksanakan pemerintah baik ditingkat pusat maupun daerah.

”Dengan data yang tersaji melalui BPS, tentunya menjadi acuan bagi pemerintah dalam mengambil langkah-langkah kebijakan maupun program pembangunan. Karena dalam mengambil suatu keputusan tidak boleh berdasarkan perkiraan. Tapi harus pada data riil,” jelas Nursam seraya menambahkan, dalam waktu dekat, BPS akan menambah jumlah survei baru dari sekitar hampir 200 survei yang sudah dilakukan, yakni survei teroris kerjasama dengan BNPT dan survei penilaian integritas bekerjasama KPK. (bkm/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top