KOLAKA TIMUR

DPRD Koltim Sepakati Pembahasan RAPBD-P

KOLAKAPOS, Tirawuta — DPRD Koltim menyutujui Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Tahun 2017 menjadi peraturan daerah atau perda. Persetujuan ini tercapai dalam rapat paripurna DPRD Koltim dengan agenda persetujuan rancangan peraturan daerah APBD-P Koltim Tahun 2017 di Aula, yang dipimpin Ketua DPRD Koltim Hj Rahmatia Lukman serta dihadiri Bupati Koltim H Tony Herbiansyah dan Wakil Bupati Hj Andi Merya Nur.

Bupati Koltim juga menyampaikan pandangan akhir Pemerintah daerah Koltim mengenai persetujuan APBD-P ini. Menurutnya, aspek kebijakan dalam raperda ini tetap mengacu pada nota kesepakatan mengenai kebijakan umum perubahan APBD, dan nota kesepakatan prioritas plafon anggaran sementera perubahan tahun anggaran 2017.

Ia mengungkapkan, dalam APBD-P ini pendapatan daerah mengalami peningkatan 4,87 persen dari target sebelumnya. Kemudian PAD mengalami peningkatan 108,66 persen dari sebelumnya, begitupun pendapatan daerah yang sah terjadi peningkatan sebesar 15,21 persen.

Rencana pendapatan tersebut lanjut bupati, tidak termasuk rencana alokasi pendapatan yang berasal dari sisa lebih perhitungan anggaran tahun lalu, sebesar Rp 43.049.119.853,30. Dari sisi anggaran belanja daerah, secara keseluruhan plafon anggaran belanja meningkat sebesar 11,36 persen dari total anggaran belanja tersebut. Alokasi anggaran untuk belanja tidak langsung terjadi penurunan sebesar 3,70 persen dan alokasi anggaran belanja langsung terjadi peningkatan sebesar 26,19 persen.

Selanjutnya, kebijakan perencanaan pendapatan daerah Pemkab Koltim 2017 diarahkan pada, mengoptimalkan jenis-jenis pendapatan yang dikendalikan oleh pemda melalui perbaikan administrasi dan pelayanan pajak dan retribusi daerah, pembaruan data base dan pemetaan potensi pajak dan retribusi daerah, mengefektifkan pelaksanaan peraturan daerah tentang pajak dan retriubusi daerah dan perluasan sumber-sumber penerimaan daerah dengan tetap menjaga agar tidak terjadi ekonomi biaya tinggi yang memberatkan masyarakat.

Untuk diketahui, jumlah pendapatan daerah Koltim sebelum perubahan mencapai Rp. 663.245.557.379,40. Sedang jumlah belanja setelah perubahan Rp. 704. 294.479.601,70. Maka pendapatan dan pengeluaran menjadi normal. (m2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top