METRO KOLAKA

Kolaka Minta Tambahan Pupuk Subsidi 700 Ton

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Kolaka–Dinas Tanaman Pangan Dan Holtikultura (TPH) Kolaka memastikan pada 2017 jumlah pupuk subsidi yang di gunakan petani mengalami peningkatan. Sehingga jumlah pupuk Kolaka yang 2000 ton kurang. Saat ini Dinas TPH mememinta tambahan sebanyak 700 ton.

Kepala Bidang Sapras Dinas PTH Kolaka Dedi Tenroaji mengatakan musim tanam telah di Kolaka telah datang. Sehingga petani membutuhkan pupuk subsidi dan saat ini pupuk subsidi di Kolaka sudah langka.

“Banyak petani mengeluh kepada kami, kemudian kami menyurat ke dinas Pertanian Provinsi agar kuota Pupuk subsidi Kolaka di tambah sekitar 700 ton lagi,” kata Dedi

Lanjut ia mengatakan untuk kuota pupuk subsidi Kolaka 2017 ini mendapatkan 2000 ton. Namuan kuota tersebut masih kurang. Karena kebutuhan Pupuk di Kolaka setiap tahunya mencapai 3000 hingga 3500 ton.

“Tahun ini hanya 2000 ton Pupuk yang datang kerena dinas Pertanian provinsi berpatokan pada hasil penjualan pada 2016 yang hanya 2000 ton saja. Penjualan Pupuk subsidi menurun karena pada 2016 Kolaka mendapat bantuan percetakan sawah. Dalam program percetakan sawah petani juga di berikan bantuan Pupuk. Sehingg bisa dipastikan penjualan pada 2016 untuk pupuk subsidi sangat kurang,” tambah Dedi

Dedi juga menjelaskan jika saat ini pupuk yang dominan digunakan petani adalah jenis Urea dan NPK. Sehingga saat ini petani membutuhkan pupuk jenis tersebut.

“Pupuk Urea dan NPK Subsidi saat ini langka di Kolaka sehingga kami mengharapkan ada tambahan kuota pupuk tersebut ke Kolaka,” ujarnya.(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top