BERITA UTAMA

Sekda Konsel Ajak Seluruh Stake Holder Sukseskan Program Nasional

KOLAKAPOS, Andoolo–Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 di Konawe Selatan (Konsel), disambut hangat. Bertindak sebagai Inspektur Upacara pada pembukaan TMMD, Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel, Ir. Sjarif Sajang, mengajak seluruh lapisan masyarakat, stakeholder, pemerintah kecamatan dan desa bahu membahu bersama TNI mensukseskan program tersebut.

Turut hadir dalam Upacara tersebut Komandan Korem 143/Halu Oleo (Danrem 143/HO Kendari) Kolonel Inf Andi Perdana Kahar, SH dan jajarannya, Dandim 1417/Kendari Letkol Kav Eko Hermawan Yuniarso, S.Ip, Muspika, para Pimpinan SKPD, Camat, Lurah lingkup Pemda Konsel serta Kades, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat.

Dalam sambutannya Sekda Konsel Ir. Sjarif Sajang mewakili Bupati Konsel mengatakan bahwa, TMMD ini merupakan program nasional yang terpadu lintas sektor dengan Kementerian/Lembaga, baik Pemerintah Pusat maupun Daerah, ataupun non Pemerintahan. TMMD dilaksanakan bersama masyarakat untuk mengakselerasikan pembangunan kawasan tertinggal, terisolasi, perbatasan, kumuh, serta kawasan rawan terdampak bencana. “Manunggal artinya satu dalam sikap, tingkah laku, tidak terpisah dengan yang lain, sehingga dengan TMMD kita saling bersinergi membangun daerah,” katanya, Rabu (27/9).

Ia juga menyebut TMMD selaras dengan program Nawacita Presiden, membangun Indonesia mulai dari pinggiran untuk perkuat Desa dan sesuai semangat Pemda Konsel membentuk Desa Maju Konsel Hebat. “Program TMMD ini juga senada dengan program Pemda Konsel dalam membangun rumah tidak layak huni (Rutilahu), dengan tujuan menciptakan rumah aman, bersih, dan nyaman,” jelasnya.

Dijelaskan lagi, oleh mantan Kadis Perhubungan ini bahwa kegiatan TMMD Ke-100 di Konsel meliputi kegiatan fisik dan nonfisik yang menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Tahun Anggaran 2017, dimana untuk kegiatan fisik tersebar di beberapa Desa yang berada dibeberapa Kecamatan. “Yakni Kecamatan Sabulakoa dan Angata, kegiatan non fisik seperti penyuluhan 4 pilar kebangsaan, Anti Narkoba, Kesehatan, Penyuluhan Pertanian dan lainnya serta pertandingan sepak bola antar Kecamatan Wilayah Koramil 15 di Landono,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan fisik diantaranya bangun rumah semi permanen 12 unit, tersebar di Desa Watu-watu, Ulu Sabulakoa, Wonua Koa, Koronua dan rehab 36 Rumah Di Desa Sabulakoa Kec Sabulakoa. Normalisasi Jaringan Irigasi di Desa Wonua Koa sepanjang 950 M dan Desa Ulu Sabulakoa 450 M, serta pembangunan Mesjid di Desa Sandarsi Jaya ukuran 21×21 M2.

Sementara itu, Danrem 143/HO Kendari Kolonel Inf Andi Perdana Kahar, SH mengatakan bahwa TMMD Ke-100 ini, sudah ketiga kali digelar, yang mana sebelumnya bertempat di Kabupaten Buton dan Kolaka, tahun ini Konsel dimana kegiatan dilaksanakan selama 30 hari mulai dari 27 September-27 Oktober 2017. “TMMD ini bertujuan untuk mewujukan kemanunggalan TNI bersama Pemda, Polri dan rakyat disemua sektor kehidupan berbangsa dan bernegara dalam rangka mempertahankan keutuhan NKRI,” tutupnya. (k5/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top