BERITA UTAMA

Isak Tanggis, Sambut Kedatangan Jamaah Haji Koltim

Suasana kedatangan jamaah haji Koltim di Masjdi Jabal Nur Kelurahan Rate-rate

KOLAKAPOS, Tirawuta — Kedatangan jamaah haji Kolaka Timur (Koltim) yang tergabung dalam kloter 23 Embarkasi Makassar pada musim haji tahun ini, disambut suka cita oleh para keluarga. Tak tanggung-tanggung keluarga jamaah haji rela menunggu berjam-jam dipanas teriknya matahari hanya untuk menjemput kedatang para jamaah haji Kamis (28/9).

Sejak pukul 9:00 Wita ribuan keluaraga jamaah haji sudah mulai terlihat berdatangan dari segala penjuru memadati Masjid Jabal Nur kelurahan Rate-rate, kecamatan Tirawuta yang merupakan pusat berkumpulnya jamaah haji sebelum dikembalikan ke rumah masing-masing.

Setelah lima jam menunggu, akhirnya rasa lelah dan gelisah warga yang ingin segera melihat sanak saudara maupun keluarga yang baru saja menunaikan ibadah haji ditanah suci Makkah terbayarkan, saat mobil bus Translulo yang mengangkut 140 orang jamaah haji Koltim tiba di halaman Masjid Jabal Nur tepat pukul 14:00 Wita.

Jamaah langsung diarak masuk kedalam masjid, sontak kerumunan warga yang telah lama menanti mencoba mendekati bus tersebut bahkan ada yang ingin menerobos hanya ingin bersalaman dengan para jamaah haji, tetapi sayang aparat gabungan yang terdiri dari TNI-Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja Pemkab Koltim dapat menghalau warga. Meski sempat terjadi aksi saling dorong, namun semua bisa berjalan dengan lancar.

Namun terlihat isak tangis baik dari warga maupun jamaah tumpah membasahi wajah mereka, menandakan rasa sukur telah kembali ke kampung halaman mereka dengan selamat.

Salah satu warga yang ikut menjemput Juriani yang berasal dari kecamatan Aere yang merupakan kecamatan terujung diwilayah Koltim mengaku bahagia bisa hadir langsung menjemput para jamaah haji, meski harus menunggu berjam-jam ” Saya dari jam 9 tadi pagi sudah ada disini menunggu, tetapi kami tidak merasa lelah” ungkapnya.

Menurutnya, suatu kebanggaan bisa datang untuk menjemput sanak keluarga dari tanah suci, apalagi jika sempat langsung bersalaman dengan jamaah haji, Insyaallah akan mendapat barakohnya ” Kami dari kecamatan Aere sekitar 20 mobil datang untuk menjemput keluarga kami ” katanya.

Sementara itu kepala kantor Kemenag Koltim H Bustamil berharap para jamaah haji mampu mengimplementasikan hajinya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menjadi panutan ditengah-tengah masyarakat ” Kita harapkan bisa ada perubahan sikap kita, contohnya sholat kita yang tadinya sering bolong dengan gelar haji yang kita miliki dapat merubah, sehingga semua ibadah yang terkadang kita sering lalaikan dapat kita kerjakan dengan sebaik-baiknya ” harapnya.

Dalam acara penjemputan jamaah haji Koltim turut hadir Wakil bupati Koltim Hj Andi Merya Nur, ketua DPRD Koltim Rahmatia Lukman, dan jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemkab Koltim (K9/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top