BOMBANA

Kapus dan Kasek Dilantik

Pelantikan Kapus dan kesek oleh sekda Bombana

KOLAKAPOS, Rumbia — Gerbong mutasi PNS fungsional khususnya kepala puskesmas (Kapus) dan kepala sekolah (Kasek) kini mengalami perombakan,setelah sekretaris daerah kabupaten bombana melakukan pelantikan dan pengukuhan, Kamis (28/9) di aula kantor bupati.

Pelantikan serta pengukuhan 19 Kapus dan 28 Kasek ini ditandai pada Surat Keputusan (SK) bupati Bombana No 264 dan 267 yang terbit tanggal 25 septermber kemarin.

Sekretaris daerah Burhanudin Hs Noy mengatakan, bahwa pelantikan ini merupakan pembaruan atas pelantikan yang dianggap keliru beberapa bulan lalu.

Kata dia, pelantikan yang lalu dilakukan Pj Bupati tidak sesuai prosedur dan mekanisme yang diatur Badan Kepegaian Negara (BKN) No 7 tahun 2017 tentang persetujuan pelantikan pejabat struktural maupun fungsional sebagai turunan dari PP No 11 tahun 2017 tantang manajemen pegawai negeri sipil.

Kata dia, pengangkatan Kapus dan Kasek mesti harus melalui rekomendasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) atas dasar persetujuan dari Sekretaris Daerah.

Contoh pelantikan yang dianggap keliru itu salah satu contohnya pengangatan kepala puskesmas yang tidak sesuai dengan kompetensinya.

“Kemarin itu yang dilantik ada tamatan Sarjana hukum dan SMA dilantik jadi kepala Puskesmas,inikan keliru, parahnya lagi pelantikan kemarin itu tanpa sepengatahuan Sekda dan BKPSDM,” ungkapnya.

Agar tidak menimbulkan polemik akibat pelantikan yang dianggap keliru beberapa bulan lalu, Pemkab mengambil keputusan untuk melakukan pengembalian kembali jabatan itu pada pejabat lama.

Ia mengungkapkan, pelantikan kepala sekolah semasa pj bupati itu ada dua gelombang. Gelombang pertama masih dalam proses hukum, jadi untuk itu pemda masih menunggu hasil keputusan PTUN sebagai tindak lanjut dalam mengambil tindakan atau sambil menunggu hasil PTUN. Pemda akan menunjuk kepala sekolah gelombang pertama sebagai pelaksana tugas sementara di sekolah.

“Jadi kita lantik dulu gelombang kedua yang tidak berurusan dengan lembaga hukum,yang gelombang pertama kita tempatkan sebagai Pejabat sementara dan saya juga berharap pelantikan serta pengukuhan jabatan kapus dan kesek ini dapat bekerja dengan maksimal,” harapnya. (K6/B)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top