KONAWE

Berlian Murni Janjikan Sampara Raya

Litanto-Murni Tombili bersama Pengurus DPD partai pengusung. FOTO: Husman/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Unaaha — Ribuan massa pendukung calon bupati dan wakil bupati konawe antusias menghadiri acara syukuran di lapangan Haribau Kecamatan Sampara, Sabtu (2/12) lalu. Syukuran akbar ini merupakan bentuk suka cita Paslon bupati dan wakil bupati atas keluarnya tiga Surat Keputusan (SK) rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai politik yang siap mengususng calon bupati dan wakil bupati konawe Litanto-Murni Tombili di pemilihan kepala daerah konawe tahun 2018.

Acara bertabur artis ibukota ini, membuat lapangan Haribau Kecamatan Sampara dipenuhi massa pendukung dari berbagai elemen masyarakat, yang berada di wilayah kecamatan sampara raya termaksud sembilan kecamatan yang menginginkan berpisah dari Kabupaten konawe untuk membentuk Daerah Otonomi Baru (DOB) untuk wilayah konawe timur laut (Kontila).

Calon bupati Konawe, Litanto dalam sambutanya menyampaikan, acara ini merupakan syukuran tiga partai pendukung atas terbitnya SK rekomendasi DPP pengusungan dirinya bersama Murni Tombili untuk maju di pilkada konawe 2018 mendatang, makanya acara syukuran akbar ini hadir tiga punggawa partai pengusung dirinya, yakni PDIP, PBB dan Demokrat di tengah-tengah masyarakat Sampara Raya.

“Ini bentuk keseriusan kami dan tiga partai pengusung yang siap mengusung saya (Litanto Red) bersama Murni Tombili untuk maju di pilkada konawe 2018,” terang Litanto.
Dihadapan ribuan Masyarakat, Litanto menerangkan, banyak keinginan masyarakat Kecamatan Sampara yang hingga kini belum di aminkan pemerintah saat ini, diantaranya pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) untuk wilayah timur Konawe. Litanto berpendapat, pengusulan DOB ini jika mengikuti peraturan pembentukan DOB sudah bisa di usulkan ke pusat karena syarat jumlah kecamatan untuk membentuk DOB sudah terpenuhi, akan tetapi sudah masuk 3 tahun sejak digaungkanya ternyata belum juga ada tanda-tanda keseriusan pemerintah untuk melakukan tindak lanjut dari aspirasi masyarakat Sampara Raya, bahkan di kabupaten konawe sendiri saja belum ada tanda-tanda keseriusan tersebut, untuk itu kata Litanto, Aspirasi ini akan di jalankanya jika pasangan berakronim Berlian Murni ini terpilih.

“Kita akan buktikan kepada masyarakat Sampara Raya, jika menginginka pembentukan Daerah Otonomi Baru. dan syarat untuk membuktikan itu maka berilah kami amanah memimpin Konawe kedepan,” yakin Litanto.
Tidak hanya persoalan DOB di Sampara, masih ada lagi masalah penting yang hingga kini masih menjadi masalah serius kabupaten konawe antaranya masalah sosial ekonomi seperti kesejahteraan masyarakat dan patenya konawe masuk kategori daerah tertinggal. Kata Litanto, kabupaten konawe yang telah tiga kali membentuk DOB sangat ironis jika masuk daerah tertinggal, padahal konawe memiliki SDA dan SDM yang mempuni tapi kenapa masih masuk dalam daerah tertinggal,? makanya kata Litanto, konawe harus memiliki pemimpin yang mempunyai jaringan dan koneksi di pusat agar konawe terlepas dari predikat tersebut dan lebih memeratakan lagi kesejahteraan masyarakatnya.

“Pemimpin negara saat ini, itu orang PDIP, banyak program pemerintah pusat yang higga kini belum dirasakan oleh masyarakat konawe, salah satunya bedah rumah yang di sediakan pemerintah pusat 3 juta unit, kalau saya di berikan amanah memimpin konawe 30 ribu unit saya siap datangkan ke konawe. Masalah konawe masuk daerah tertinggal itu dikarenakan masalah pembangunan dan kesejahtaeraan yang tidak merata di konawe saat ini. Dan ini nyata terjadi,” jelasnya.

Hal senada juga diucapkan Calon Wakil Bupati, Murni Tombili, bahwa dirinya berani meninggalkan kursi DPRD Konawe demi untuk memperjuangkan kesejahteraan masyarakat Konawe secara keseluruhan. Terkhusus Sampara Raya yang merupakan tanah kelahirannya sendiri. Menurutnya giat pembangunan di Sampara terlihat karena adanya bantuan dari pusat sedangkan dari daerah belum terserap maksimal di Sampara.

“Saya maju untuk memperjuangkan kesejahteraan masyarakat Konawe. Terkhusus untuk masyarakat Sampara Raya, saya adalah wakil kalian karena saya lahir dan besar di Sampara,, saya adalah keluarga kalian. Kalau kami yang terpilih maka kami siap menurunkan bantuan kepada seluruh masyarakat Konawe,” kata ketua Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Konawe.

Menurutnya, jika Paslon Berlian Murni yang diberi amanah memimpin Konawe, maka bantuan untuk kesejahteraan masyarakat Konawe akan mengalir dari pemerintah pusat. Seperti bantuan Alsintan, peternakan, perikanan dan bantuan bedah rumah,

“Kalau kami yang memimpin Konawe bantuan dari pusat akan kita turunkan untuk mensejahtrakan masyarakat Konawe. Karena partai pengusung Berlian Murni adalah partai pengusung pemerintah, jadi tidak susah jika kami yang jadi Bupati dan wakil bupati,” tutup Murni. (m4/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top