BERITA UTAMA

Dishub Segera Bangun Terminal Tipe B di Pelabuhan Labuan

Dinas Perhubungan Sultra Saat Melaksanakan Sosialisasi & Diseminasi di Pelabuhan Labuan Bajo. Saptu (02/12) (foto Asbar/KoP)

Masyarakat Siap Dipindahkan.

KOLAKAPOS, Kendari — Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) segera membangun terminal tipe B dikawasan Pelabuhan Penyeberangan Feri Labuan. Hal ini disampaikan Kepala Dines Perhubungan Sultra, Hado Hasina. Saptu (2/12) seusai meninjau lokasi pembangunan pelabuhan tersebut.

Menurutnya saat ini, pembangunan terminal tipe B tersebut telah dalam tahap pemindahan warga yang berdomisili di lahan yang akan dibangun.

“Nanti di Labuan ini akan menjadi terminal tipe B terintegrasi sama terminal penyeberangan, jadi dia bersatu. Alhamdulillah semua masyarakat sudah tersedia untuk dipindahkan,” katanya.

Dikatakan terminal yang akan dibangun tersebut merupakam terminal luar kota yang akan menghubungkan antar kota.

“Dia nanti kalau ke Baubau akan terkait dengan lakologou itu namanya Terminal luar kota dari masing-masing kota besar, Nanti dari Baubau didistribusi lagi ke kecamatan-kecamatan. Lakologou kalau di Baubau, nanti itu di pasarwajo namanya lasaga,” sebutnya.

Ditambahkan bagi masyarakat yang dipindahkan akan mendapat lahan baru yang telah bersertifikat, selain itu juga nantinya masyarakat akan mendapatkan kios diareal terminal sebagai bentuk pengembagan kawasan komersil pelabuhan dengan melibatkan pihak ketiga.

“Kalau tanahnya Kabupaten tapi kalau pematangan lahannya dan pembangunan itu Provinsi. Insyaallah minggu depan semua sudah mulai pindah,” sebut Kadis dengan prinsip bisa keliru asal jangan melanggar ini.

Sementara itu, salah seorang warga desa Labuan yang akan dipindahkan, La Mini mengaku siap dipindahkan. “Rumah saya terkena kawasan pemvanguan tapi saya setuju yang penting pengurusan surat-surat tanah saya di lokasi yang baru bisa dibantu diuruskan,” harapnya saat mengikuti sosialisasi dengan Dishub Sultra.

Pengembangan sistem angkutan umum massal berbasis jalan, kaya tadi anda lihat di Labuhan itu kan nanti akan menjadi Terminal tipe B terintegrasi sama Terminal penyeberangan bersatu dia, dan Saya ingin daerah ini, mimpi saya itu supaya bisa melakukan pembayaran nontunai untuk menghindari pungli.

Harus kita berbagi, kalau ada yang punya tanah baru dibutuhkan pemerintah mari kita berbagi, nanti kita atur.Kasih sertifikat kabupaten.

Minggu depan mari kita pindah, kalau ada yang kurang, atapnya bocor-bocor mari kita beli. Insyaallah saya berjanji, saya kasih kios, saya bangunkan, kita yang punya uang. Tapi tidak bisa kita bertahan, karna kita rapi.

Karna hanya satu-satunya tenpat lewat, Ingat pegang saya punya bicara, kalau bapak tidak mau keluar pasti bapak-bapak meneyesal. Sampai banti menjadi suatu areal yang maksimal, Kita nanti akan membuat perjanjian jangka panjang. (k1/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top