METRO KOLAKA

Kolaka Dapat Ribuan Bibit Kakao

Ilustrasi/Net

KOLAKAPOS, Kolaka–Petani Kakao di kabupaten Kolaka mendapat rejeki akhir tahun dari Dinas Perkebunan Profinsi Sulawesi tenggara. Di penghujung tahun ini Dinas Perkebunan profinsi menyalurkan sekitar 500 ribu bibit kakao sambung pucuk di kabupaten Kolaka.

Sekretaris dinas Perkebunan dan Peternakan Kolaka H. Muhammad Darwis saat dikonfirmasi membenarkan jika pemerintah Profinsi telah menyalurkan bibit kakao untuk kabupaten Kolaka. Untuk pendidtribusian bibit kakao ini disalurkan kepada 11 desa dan kelurahan di tiga kecamatan.

“Kelompok tani penerima bantuan bibit ini di kecamatan Kolaka, Latambaga dan Wundulako,” katanya.

Menurutnya bantuan yang turun ini menggunakan anggaran APBN perubahan yang dikelola langsung oleh dinas perkebunan profinsi Sulawesi Tenggara.

Sementara lanjut dia Dinas perkebunan Kabupaten hanya menyiapkan lahan milik petani kakao di tiga kecamatan yang ada dan bantuan bibit yang diberikan sesuai dengan kekosongan lahan yang akan ditanami.

“Setiap kelompok tani diberikan bibit disesuaikan dengan luas lahan kosong yang akan ditanami,” ungkap Darwis.

Namun idealnya lanjut dia,dalam satu hektarnya diberikan bantuan seribu bibit sementara bantuan yang turun dari pusat sekitar 500 ribu bibit tanaman kakao.

Darwis juga berharap kelompok tani yang diberikan bantuan memanfaatkan dengan baik agar bisa meningkatkan pendapatan petani di Kabupaten Kolaka.(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top