BERITA UTAMA

Pilkada Kolaka Tanpa Calon Independen

Komisioner KPU Kolaka dan staf saat menunggu pemasukan berkas syarat dukungan calon perseorangan.

KOLAKAPOS, Kolaka — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka memastikan dalam Pilkada Kolaka 2018 nanti, tidak ada calon independen atau calon perseorangan. Hal itu diungkapkan ketua KPU Kolaka, Lukman pada Senin (4/12). Pasalnya, dalam tahapan penyampaian persyaratan dukungan bakal calon perseorangan hingga hari terakhir, Kamis 29 November 2017, tak ada satupun calon perseorangan yang datang menyampaikan syarat dukungan calon. “Dengan tidak adanya calon perseorangan yang datang menyampaikan syarat dukungan berarti bisa dipastikan dalam Pilkada Kolaka 2018 nanti tidak ada calon Perseorangan,” papar Lukman.

Kepastian itu juga dikuatkan oleh Komisioner KPU Kolaka lainnya, Aidil Adha , setelah melakukan pengecekan kepastian tidak adanya berkas syarat dukungan calon perseorangan yang masuk di KPU Kolaka. “Sudah dipastikan tidak ada pasangan calon perseorangan, dua mingu kita menunggu sesuai tahapannya, hingga pukul 24.00 pada hari terakhir tidak ada yang masuk,” ungkap Aidil, Komisioner KPU Kolaka Divisi Penyelenggaran dan Teknis Pemilu.

Dengan tidak ada adanya berkas dukungan calon perseorangan tersebut, lanjut Aidil secara Teknis KPU Kolaka tidak lagi akan melakukan penelitian dan verifikasi dukungan calon Independen.

Sehingga kata Aidil, Calon Bupati dan wakil Bupati Kolaka yang akan bertarung dalam pilkada Kolaka 2018 nanti juga bisa dipastikan berasal dari partai Politik yang ada. “Kalau tidak ada calon perseorangan berarti nanti yang akan bertarung berasal dari dukungan Partai Politik.

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kolaka telah merilis Jumlah Minimum Syarat Dukungan Calon Independen bagi masyarakat di Kabupaten Kolaka atau diluar Kabupaten Kolaka yang berkeinginan untuk mencalonkan diri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kolaka tahun 2018 dari jalur perseorangan. Adapun jumlah minimum Syarat Dukungan dan Sebaran Dukungan Pasangan Calon Perseorangan dalam penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kolaka yaitu harus harus didukung paling sedikit 10 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu atau Pemilihan terakhir sebanyak 164.877 pemilih, yakni 16.488 pemilih, dengan jumlah minimum sebaran dukungan harus tersebar lebih dari 50 persen jumlah kecamatan di Kolaka. (cr4/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top