KONAWE

Ratusan CPNS Konawe Ikut Orientasi

Sekda Konawe, Ridwan Lamaroa saat penyemataan tanda peserta orientasi. FOTO: Husman/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Unaaha — Sekretaris daerah (Sekda) Konawe Ridwan Lamaroa, membuka masa orientasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Konawe senin (4/12). Pembukaan orientasi ini di hadiri langsung sebanyak 241 peserta yang terbagi dari empat formasi, yakni Dokter, bidan PTT, Guru Garis Depan dan penyuluh pertanian lingkup pemerintah daerah kabupaten Konawe, masa orientasi ini di rencanakan akan berlangsung selama dua minggu.

Sekda Konawe, Ridwan Lamaroa, mengatakan, ratusan CPNS yang mengikuti masa orientasi tersebut merupakan hasil seleksi dari masing instansi. Untuk itu 241 CPNS ini bukanlah hasil seleksi dari daerah melainkan dari pusat. Sementara tugas daerah dalam pengangkatan CPNS ini hanyalah sebatas data para peserta sedangkan lolos tidaknya berada di kementrian masing-masing.

” Hasil Seleksi ini di tentukan langsung dari Kementerian. Untuk Dokter dan Bidan di seleksi dari kementrian kesehatan, penyuluh pertanian dari kementrian pertanian demikian guru garis depan, diseleksi dari kementrian pendidikan dan kebudayaan,” kata Ridwan.

Lanjut Ridwan, pelaksanaan orientasi Calon aparatur sipil negara yang mulai dilaksanakan Selasa (5/12). Untuk itu, diharapkan mampu memberikan sumbangsi positif pada setiap individu peserta, karena orientasi yang dilaksanakan merupakan pelatihan mental, disiplin, etika dan karakter menjadi aparatur sipil negara yang handal dan profesional di masa sekarang dan masa mendatang, untuk itu pelatihan ini merupakan bagian dari peningkatan Sumber Daya Manusia bagi calon ASN.

” Orientasi ini merupakan aplikasi dari Undang-undang nomor 5 tahun 2014, tentang aparatur sipil negara sebagai mana tertuang dalam pasal 63 dijelaskan bahwa calon ASN wajib menjalankan masa percobaan melalui proses pendidikan dan pelatihan terintegrasi moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan serta memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang,” terang Ridwan.(m4/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top