KOLAKA UTARA

45 Calon Hafidz dan Mubaligh di Kolut Bakal Diberi Beasiswa

Net/ilustrasi

KOLAKAPOS, Lasusua–Pemkab Kolut bakal meningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di bidang keagamaan, dengan memberikan beasiswa untuk para calon Mubaligh dan Hafidz yang nanti akan disekolahkan oleh Pemkab secara gratis di salah satu pesantren.
Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kolaka Utara, Hasanuddin mengatakan, untuk saat ini sekitar 45 orang pelajar Kolaka Utara yang nantinya akan diberikan beasiswa untuk belajar di salah satu Pesantren di Sulawesi Selatan (Sulsel) hingga mahir menghafal Kitab Suci Alqur’an dan mahir dalam berceramah.
“Sekitar 45 orang pelajar yang nantinya akan diberikan beasiswa, pelajar tingkat SLTP dan SLTA untuk mubaligh sebanyak 15 sedangkan hafidz sebanyak 30, yang ingin mengikuti program beasiswa ini nanti akan diseleksi,” katanya.
Lebih lanjut dia menturkan bahwa saat ini Bumi Patampanua sangat kekurang hafidz dan mubaligh dan sebagai upaya untuk meningkatn sumber daya manusi (SDM) di bidang keagamaan, putra-putri terbaik Kolaka Utara yang memiliki bakat di bidang tersebut mampu mengembangkan diri. “Saat ini kita kekurangan Hafidz dan Mubaligh, saat lomba nanti kita sudah memiliki Hafidz dan Mubaligh dari daerah kita sendiri,” ujarnya.
Tahun depan kata dia, program beasiswa untuk para hafiz dan mubaligh tersebut akan segera di realisasikan. “Kalau untuk hafidz itu dia akan diberikan beasiswa hingga mampu menghafal 30 Juz, sedangkan untuk mubaligh hingga dia mahir dalam memberikan tausih lengkap dengan dalil dan haditsnya hingga menyelesaikan sekolahnya,” katanya.
Sebelumnya Pemkab Kolaka Utara telah memberikan beasiswa kepada mahassiwa kedokteran, yang kuliah di luar Negeri yang saat ini tengah melakukan koas. “Kita telah memberikan beasiswa untuk para mahasiswa untuk kebidanan, perawatan dan beberapa jurusan lain, bahkan memberikan beasiswa untuk mahasiwa yang kuliah kedokteran di luar negeri,” katanya.(cr2/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top