BERITA UTAMA

KPU Usulkan Perubahan Dapil Pemilu 2019

Susana saat rapat KPU Kolaka sosialisasi penataan dan alokasi kursi dapil Pemilu.

KOLAKAPOS, Kolaka–Komisi Pemilihan Umum KPU Kolaka melaksanakan Rapat Kerja dan sosialisasi Penyusunan dan Penataan Dapil (Daerah Pemilihan) dan sekaligus simulasi perhitungan.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor KPU Kolaka tersebut diikuti oleh tokoh masyarakat, parpol sekaligus organisasi massa lainnya pada Sabtu malam (9/12).
“Kita libatkan masyarakat dan elemen lainnya agar nantinya bisa tersosialisasi mengenai rencana penataan dapil sekaligus alokasi kursi pada pemilu 2019 nanti,” terang Aidil Adha, Komisioner KPU Kolaka Divisi Teknis Pemilu usai kegiatan tersebut.

Lanjutnya, KPU Kolaka terlebih dahulu telah membuat surat usulan agar Dapil untuk Kolaka pada Pemilu 2019 nanti diubah pasca mekarnya Koltim. “Dulu kan masih gabung dengan Kolaka Timur, makanya kita sudah buat ada perubahan, kita sudah bersurat ke KPU Pusat mengenai hal ini,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan, usulan KPU tersebut yaitu untuk Dapil Kolaka rencananya akan terdiri dari 4 Dapil dengan alokasi kursi tetap 30 kursi.
Adapun dapil tersebut yaitu Dapil Kolaka 1 terdiri dari kecamatan Wolo, Iwoimenda, dan Samaturu dengan alokasi kursi 7. Dapil Kolaka 2 terdiri dari Kecamatan Latambaga dan Kolaka dengan alokasi kursi 9. Dapil Kolaka 3 terdiri dari kecamatan Wundulako, Baula dan Pomalaa dengan alokasi kursi 8, dan Dapil Kolaka 4 terdiri dari kecamatan Tanggetada, Polinggona, Toari dan Watubangga dengan alokasi kursi 6. “Itu baru usulan, nantilah kita lihat keputusannya,” papar Aidil.

Lanjutnya Metode penghitungan suara untuk konversi kursi partai politik pada Pemilu 2019 mengalami perubahan tidak lagi menggunakan bilangan pembagi pemilih (BPP) melainkan dengan suara sah dibagi dengan metode teknik penghitungan “sainte lague” murni.
“Menggunakan sistem baru sebagainya diatur dalam UU Pemilu Tahun 2017 yang baru ditetapkan pada pasal 420 yaitu suara sah parpol akan dibagi dengan bilangan pembagi ganjil 1,3,5 dan seterusnya kemudian ditentukan peringkatnya berdasarkan nilai terbanyak, jumlah kursi berdasarkan peringkat,” terang Aidil. (cr4)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top