BERITA UTAMA

Mesin PLTD Lambuya Rusak Pelayanan Publik Terhenti

Kondisi ruangan perekaman KTP Elektronik di Disdukcapil Konawe tampak lengang tanpa aktifitas perekaman

KOLAKAPOS, Unaaha–Mulai Minggu (10/12) hingga kemarin (11/12), mayoritas wilayah di Konawe dan Kolaka Timur tanpa listrik. Kondisi baru berangsur pulih menjelang sore. Terhentinya suplay listrik tersebut disebabkan gangguan mesin diesel milik PLN Rayon Unaaha yang berada di kecamatan Lambuya.

Kepala Rayon PLN Unaaha, Ardianto mengatakan mesin PLTD Lambuya mengalami kerusakan serius. Kerusakan itu baru diketahui Minggu (10/12). “Ada komponen mesin pembangkit yang rusak. Kita sudah coba memaksimalkan waktu agar cepat selesai akan tetapi alat yang rusak cukup vital, sehingga baru selesai jam tiga Sore,” ungkap Ardianto.

Terputusnya suplay listrik tersebut mempengaruhi aktifitas warga dan publik. Salah satunya pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Konawe, serta pelayanan Surat Izin Mengemudi di Polres Konawe. Dari pantauan Kolaka Pos, aktifitas pelayanan Disdukcapil terhenti total. Padahal di halaman kantor terlihat ratusan warga yang menunggu untuk pengurusan dokumen kependudukan.

Kepala Disdukcapil Konawe, Abd.Rais Barau menyesalkan pemadaman tersebut. Pasalnya dinasnya tengah gencar melakukan perekaman kepada penduduk Konawe jelang Pilkada, untuk mengetahui data wajib pilih. “Kalau pemadaman tidak tertanggulangi benar, kita (Capil,red) tidak akan menyelesaikan perekaman ini hingga akhir Desember,” katanya.

Hal yang sama juga terjadi di Polres Konawe. Percetakan Surat Izin Mengemudi (SIM), lumpuh sejak pagi hingga sore. (m4/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top