METRO KOLAKA

Lagi, Kolaka Raih Penghargaan Peduli HAM

Bupati Kolaka H.Ahmad Safei yang di wakili oleh kepala bagian Hukum Hj. Mineng Nurmaningsih menerima penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly.FOTO:Istimewa

KOLAKAPOS, Kolaka–Bupati Kolaka H.Ahmad Safei yang di wakili oleh kepala bagian Hukum Hj. Mineng Nurmaningsih menerima penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly di Hotel The Sunan Solo, Kota Surakarta, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

Menurut Mineng Perayaan HAM Sedunia 2017 yang bertema Kerja Bersama Peduli Hak Asasi Manusia itu dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

“Penghargaan tersebut merupakan penghargaan yang kedua kalinya diterima Pemda Kabupaten Kolaka,” ujarnya.

Lanjut ia mengatakan pada 2016 lalu Kolaka mendapatkan predikat, atas daerah yang mendukung HAM saat ini predikatnya naik menjadi cukup peduli HAM. Kolaka terpilih sebagai kabupaten peduli HAM didasarkan pada terpenuhinya hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan yang layak, dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

“Penilaian kriteria daerah kabupaten dan kota Peduli HAM ini diukur berdasarkan indikator struktur, proses dan hasil,” ujarnya.

Lanjut Mineng Pemkab Kolaka berharap ke depannya akan lebih mengoptimalkan lagi seluruh kategori penilaian dari Menteri Hukum dan HAM.

“Bukan karena mengejar penghargaannya namun karena sudah menjadi tekad untuk mensejahterahkan masyarakat melalui pemenuhan pelayanan dasar untuk seluruh masyarakat di Kolaka,” jelas Mineng.(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top