METRO KOLAKA

Pemkab Kolaka Terus Benahi Wisata Unggulan

Seketsa penataan objek wisata Tamborasi.FOTO:Dinas Parawisata For Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Dinas Parawisata Kabupaten Kolaka berkomitmen akan melakukan percepatan pembangunan objek wisata pada 2018 nanti. Dua objek wisata akan menjadi sasaran pembangunan sungai Tamborasi dan Permandian Air Panas Manggolo.

Sekretaris dinas Parawisata Kolaka H.Andi Pangoriseng mengatakan pembangunan objek wisata di Kolaka pada 2018 akan di genjot. Bahkan di objek wisata Tamborasi kalau tidak ada halangan ada CSR dari salah satu perusahaan BUMN yang akan membangun tempat istirahat. Selain itu ada juga beberapa pembangunan yang akan menggunkan dana Anggaran pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kolaka.

“Jika ditanya mengenai anggaran untuk membangun sungai Tamborasi Andi Panoriseng mengaku tidak bisa di jabarkan. Karena saat ini pembangunan isnfrastruktur Wisata di Kolaka bukan sepenuhnya di kerjakan oleh Dinas Parawisata. Kami dinas Parawisata hanya merencanakan saja, namun untuk pengerjaanya nanti di lakukan di beberapa SKPD lain,” tambahnya.

Lanjut ia mengakan Dinas Parawisata Kolaka tidak mempermasalahkan anggaran pembangunan Wisata di Kolaka di pindahkan ke SKPD lain. Pasalnya pembangunan yang akan dilakukan di dua objek wisata tersebut mempunyai tujuan yang sama yaitu bagaimana agar PAD di Kolaka bisa masuk melalui objek Wisata.

“Tidak ada masalah jika anggaran masuk di SKPD lain, intinya kota ini ingin wisata kolaka bisa dinikmati oleh masyarakat dan pemerintah Kolaka juga mendapatkan penghasilan dari wisata tersebut dengan PAD nya,” tuturya.

Dinas Parawisata sudah mengusulkan untuk pembangunan wisata di Kolaka. Namun dengan pertibangan lain akhirnya semua SKPD akan terlibat dalam pengolaan isnfrastruktur di objek wisata. Jika pembangunan jalan di sekitar objek wisata maka itu domainya Dinas PUPR, kemudian untuk sentra usaha maka Dinas Perindustrian dan perdangan, pembangunan gasebo maka akan dipusatkan di dinas perumahan.

“Intinya bisa di pastikan pada 2018 nanti Dinas Parawisata hanya melakukan perencanaan dan melakukan promisi saja. Untuk pembangunan fisik tidak ada lagi di dinas Parawisata,” tambahnya (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top