BERITA UTAMA

Aset Daerah Bakal Dikelola Pihak Swasta

ilustrasi/net

KOLAKAPOS, Rumbia — Menjelang akhir tahun 2017 ini,pemerintah daerah kabupaten Bombana disebutkan dengan beberapa agenda,salah satunya yaitu pelaksanaan Pemilihan Calon Mitra Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) barang milik daerah.
Rencana kegiatan dimulai sejak 13-28 Desember 2017,yang mana semua para calon akan mendaftar dan diverifikasi baik itu perencanaannya serta kemampuan modal dan lainnya.

Kerja sama itu berupa penyerahan mesin pengelolaan rumput laut yang akan diserahkan pada pihak swasta untuk di kelola, seperti : .
“Pengadaan mesin rumput laut itu telah menelan anggaran 16 miliar tahun 2016,jadi ini kita limpahkan pada pihak swasta dengan ketentuan bagi hasil,”ujar Ketua Tim KSP Darwin Ismail Se,diruang kerjanya, Rabu (13/12).

Menurutnya langkah ini merupakan upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) menuju pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Ia mengakui bahwa keterbatasan sumber daya manusia dan finansial yang dimiliki pemda masih terbatas, sehingga inilah yang menjadi alasan buat pemda untuk melimpahkan kepada pihak kedua untuk di kelola”tidak diragukan lagi kalau pengawasan dan manajemen perusahan untuk mengelola mesin itu,”ujarnya.

Program itu didukung pula oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri no 19 tahun 2016 tentang pedoman pengelolaan barang milik daerah. “Kami berharap perusahan yang akan bekerja sama dengan pemda adalah perusahan yang sesuai dengan diharapkan dan dapat memberikan keuntungan buat pemda,,”harapnya.

Dikatakan, dengan keterlibatan perusahan swasta atau pihak swasta yang mengelola mesin milik pemda ini kepentingan masyarakat dapat pula terfasilitasi.

Untuk kerjasama ini tentu akan melibatkan unsur teknis dalam hal ini dinas perikanan kelautan,Bagian Aset Daerah serta Unit Layanan Pengadaan.(K6/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top