BERITA UTAMA

Batal Diwisuda, 158 Mahasiswa USN Kolaka,  Orangtua Mahasiswa Kecewa

ilustrasi/net

KOLAKAPOS, Kolaka — Sedikitnya 158 mahasiswa Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Sulawesi Tenggara harus menunda status alumni. Pasalnya, mahasiswa yang berasal dari program studi (Prodi) Bahasa Inggris itu tidak jadi diwisuda hari ini karena persoalan surat keputusan (SK) akreditasi yang sudah kadaluarsa di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Rektor USN Kolaka, Dr. Azhari mengatakan, mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) itu tidak perlu khawatir karena belum bisa diwisuda. Pasalnya, menurut dia belum keluarnya SK akreditas dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bukanlah masalah yang urgen.

“Tidak perlu risau kok, mereka tetap akan diwisuda (Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris, red) hanya saja kita tunda dulu hingga keluar akreditasnya dari Kemenristekdikti,” ujarnya saat ditemui Kolaka Pos di ruangannya, Rabu (13/12) kemarin.

Sebenarnya, kata Rektor, perpanjangan akreditasi prodi Bahasa Inggris bersama tiga prodi lainnya sudah diusulkan perpanjangannya sejak beberapa bulan lalu. Akreditasi tiga prodi lainnya yakni Agribisnis, Perikanan dan prodi Administrasi Negara sudah keluar, tinggal prodi Bahasa Inggris dipending oleh Kemenristekdikti.

“Prodi Bahasa Inggris ini juga sebenarnya sudah mau keluar bulan ini, hanya saja wisuda besok (hari ini, red) tidak bisa kita lagi ditunda, karena sudah beberapa kali ditunda sebelumnya,” katanya.

Ditanya apakah prodi Bahasa Inggris bermasalah dalam proses akreditasinya, Azhari membantahnya. Dia mengatakan penundaan akreditas Bahasa Inggris semata-mata karena pihak BAN-PT masih melakukan tahap atau proses akreditasi terhadap prodi yang sebelumnya terakreditas B itu.

“Tidak ada masalah. Masalahnya adalah cuma di sana kan padat, BAN-PT itu kan mengurusi semua perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Bayangkan saja, ada empat ribu lebih PT Negeri maupun swasta di Indonesia dan itu artinya ada berapa puluh ribu prodi yang diurusi oleh BAN-PT. Nah kebetulan prodi Bahasa Inggris ini masih menunggu proses itu,” jelasnya.

Meski demikian, menurut Azhari, pihak USN sudah melakukan upaya-upaya untuk mempercepat keluarnya akreditasi tersebut, termasuk memenuhi semua persyaratan proses akreditasi.

“Kita kebetulan mendapatkan masalah ini. Kenapa prodi Bahasa Inggris ini tidak dimasukan sekarang? Karena kalau dimasukkan sekarang, bisa saja sebenarnya kita wisuda mereka tapi itukan melanggar aturan, dan pasti berdampak juga kepada mahasiswa karena di ijazahnya nanti tidak akan tertulis akreditasinya. Itu yang susah, jadi lebih baik menunggu saja,” bebernya.

Azhari berjanji, mahasiswa yang gagal wisuda besok (hari ini, red) akan diwisuda pada bulan April 2018 mendatang.

Sementara itu, Dedy salah seorang orang tua mahasiswa USN yang batal diwisuda hari ini, mengaku kecewa terhadap pihak kampus. Pasalnya, dengan batalnya diwisuda maka dikhawatirkan berdampak secara psikologis terhadap anaknya.

“Kami selaku orang tua mahasiswa merasa sangat dirugikan, karena selama ini kami sudah mengikuti semua ketentuan yang keluarkan oleh pihak USN. Tetapi pihak USN tidak mengantisipasi bahwa ada celah yang nanti menghambat anak kami untuk diwisuda,” ujarnya dengan nada kesal.

Dia menganggap pihak kampus telah lalai menyelesaikan tanggungjawabnya terhadap pihak mahasiswa maupun institusinya.

“Katanya anak saya dijanjikan akan diwisuda pada bulan April 2018 nanti, tetapi saya dengar di tahun-tahun sebelumnya pernah terjadi hal seperti itu, dijanji diwisuda dalam waktu secepatnya tetapi kenyataaanya wisudanya ditunda hingga tahun berikutnya. Nah bagaimana jika di bulan Januari sampai bulan April nanti ada pendaftaran yang dibuka oleh pemerintah maupun pihak swasta, kan kita punya anak berarti tidak bisa ikut.” katanya.

Untuk diketahui, Kamis (14/12) hari ini, USN Kolaka akan melakukan wisuda terhadap 707 mahasiswanya. Wisuda yang rencananya akan dilakukan di salah satu hotel ternama di Kolaka itu melibatkan mahasiswa dari 11 prodi di USN Kolaka, minus prodi Bahasa Inggris. (kal/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top