BERITA UTAMA

Dikbud Kolut Ancam Guru Pungli

ilustrasi/net

KOLAKAPOS, Lasusua — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kolaka Utara warning oknum guru yang sering melakukan pungutan liar (Pungli) tanpa dasar hukum. Pasalnya melakukan pungutan tanpa dasar hukum masuk dalam pungutan liar (Pungli) yang bertentangan dengan aturan.

Sekretaris Dikbud Kolaka Utara Hasanuddin menyatakan bahwa pihaknya telah banyak menerima laporan dari masyarakat bahwa ada beberapa sekolah yang melakukan pungutan maupun pemotongan bantuan.

“Kami sudah sering sampaikan ke pihak sekolah jangan melakukan potongan ataupun pembayaran pada anak didiknya jika tidak ada aturan hukumnya, bahkan guru itu tidak diperbolehkan menerima uang dari anggaran bantuan meski siswa sendiri yang memberikan itu tidak boleh,”katanya.

Lebih lanjut dia menyatakan bahwa jika masih ada sekolah yang melakukan pungutan dan pemotongan maka guru tersebut wajib mengembalikan uang tersebut dan akan dilaporkan ke pihak berwajib.

“Kita kan sudah sering malakukan himbauan setia rapat-rapat dengan sekolah, bahkan sudah diberikan teguran tapi jika masih ada oknum itu akan dilaporkan ke pihak berwajib saja dan mengebambalikan dana, kita kan sudah sering lakukan pembinaan,”ujarnya.

Diapun berharap kedepannya sudah tidak ada lagi informasi yang beredar bahwa ada sekolah yang melakukan pungutan dan pemotongan untuk siswanya. ”Kita harapkan untuk sekolah-sekolah di Kolaka Utara sudah tidak ada lagi potongan dan pungutan yang dilakukan oknum guru dengan alasan biaya akomodasi dan administrasi,”tandasnya.(Cr2/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top