METRO KOLAKA

PD Aneka Usaha Langgar Aturan!

KOLAKAPOS, Kolaka–Keluhan warga terkait aktivitas PD Aneka Usaha yang meresahkan warga dan pengguna jalan di Kecamatan Pomalaa telah sampai telinga ke Kepala Dinas Perhubungan Kolaka, Wardi. Perusahaan milik Pemkab Kolaka (Perusda) tersebut telah melanggar aturan yang telah disepakati. Dimana dalam aturan tersebut, PD Aneka Usaha dalam melakukan aktivitas penambangan harus menaati aturan.

“Aturan yang harus ditaati oleh Perusda yaitu tidak boleh ugal-ugalan saat mengangkut material dan harus menggunakan penutup terpal agar material yang dimuat tidak berhamburan. Tapi, Perusda lagi-lagi melanggar aturan tersebut,” kata Wardi.

Pria yang juga pernah menjabat sebagai Camat Samaturu tersebut menegaskan, jika nantinya Perusda masih melanggar aturan tersebut, maka pihaknya akan memberikan sanksi secara bertahap.

“Kewenangan kami memang hanya sebatas melakukan pengawasan karena yang berhak menindak itu adalah yang memberikan izin dalam hal ini Balai Penggunaan Jalan Nasional yang ada di Propinsi, tapi bukan berarti kami lepas tangan. Kalau Perusda melanggar lagi maka kami akan menyurat ke Balai agar aktivitasnya dipending,”ujarnya.

Wardi menuturkan, sebagai perusahaan yang telah memiliki izin, Perusda sepatutnya harus lebih taat aturan saat beroperasi.

“Kalau izin sudah ada, maka operasinya harus lebih baik daripada sebelum ada izin. Sebab sanskinya sudah ada. Jika dulu hanya dikenakan sanksi sosial, tapi sekarang sudah ada penindakan. Sehingga tanggung jawab dengan adanya izin itu lebih besar. Jadi Perusda harus taat aturan dan kami akan awasi itu,” pesannya.(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top