KOLAKA TIMUR

Pemkab Koltim Bakal Kaderisasi Tolea

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Edy Majid (tengah) bersama Tolea Pabitara usai melakukan Rakor di aula kantor Bupati Koltim.FOTO:Neno/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Tirawuta–Tahun depan Pemkab Koltim melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, akan melakukan kaderisasi terhadap juru bicara adat Tolaki (Tolea). Hal ini diungkapkan Kadis pariwisata dan kebudayaan Koltim Edy Majid, usia melakukan rapat koordinasi bersama para Tolea Pabitara se-Koltim di aula kantor bupati Koltim, Rabu (13/12) lalu.
Edy Majid mengaku, jika saat ini usia Tolea yang berada di wilayah Koltim rata-rata berusia lanjut, sehingga pihaknya akan melakukan kaderisasi Tolea muda agar regenerasi Tolea tetap ada. Sebab, peran Tolea sangat penting bagi stabilitas keamanan masyarakat karena Tolea merupakan panutan bagi masyarakat, sehingga jika terjadi gesekan di dalam masyarakat Tolea yang akan ikut berperan dalam menyelesaikan setiap permasalahan.
“Peran Tolea memang sangat penting, sebab bukan hanya diperlukan saat akan melakukan perkawinan tetapi juga berperan jika terjadi persoalan ditengah-tengah masyarakat. Tolea juga mampu mengadaptasi kaula muda dan juga pengaruh-pengaruh luar. Sehingga kami melihat pentingnya untuk melakukan kaderisasi Tolea, apalagi usia Tolea yang ada sekarang rata-rata sudah berusia lanjut. Apalagi bapak bupati sangat mendukung,” ungkapnya.
Dalam kaderisasi nanti kata Edy, pihaknya akan menyerahkan sepenuhnya kepada Tolea untuk mengusulkan para kadernya masing-masing dua orang tiap kecamatan, sebab untuk menjadi seorang Tolea tidaklah mudah karena harus memiliki garis keturunan dari Tolea. “Menjadi seorang Tolea memang harus keturunan Tolea,” jelasnya.
Selain akan melakukan kadesrisasi lanjutnya, pihaknya juga akan terus meningkatkan kesejahteraan para Tolea dan melengakapi semua kelengkapan adatnya.
“Kesejahteraan Tolea maupun Puutobu perlu kita tingkatkan dan kami sudah menaikkan honor Tolea, sebelumnya Rp200 ribu perbulan sekarang sudah Rp300 ribu perbulan. Saat ini jumlah Tolea yang ada di Koltim berjumlah 30 orang yang tersebar ditiap kecamatan,” tutupnya. (k9/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top