KOLAKA TIMUR

Pesantren Al-Bukhari Wesalo Tuan Rumah Porseni Antar Madrasah Se-Koltim

Suasana pembukaan Porseni antar Madrasah di Pesantren Al-Bukhari desa Wesalo, Kecamatan Lalolae.FOTO:Neno/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Tirawuta–Pesantren Al-Bukhari Wesalo, kecamatan Lalolae, menjadi tuan rumah dalam ajang pekan olahraga dan seni (Porseni) antar Madrasah se-Kolaka Timur. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, yakni 13-15 Desember diikuti ratusan peserta dari tingkat madrasah ibtidaiyah (MI), madrasah tsanawiyah (MTs) dan madrasah aliyah (MA).
Kegiatan ini resmi dibuka oleh perwakilan Pemda Koltim yang dihadiri oleh kepala kantor Kemenag Koltim H Muhammad Yusuf dan para kepala KUA se-Koltim serta para kepala sekolah Madrasah Rabu (13/12) lalu. Sebelum memulai acara pembukaan para peserta melakukan pawai taaruf.
Bupati Koltim Tony Herbiasnyah dalam sambutannya, yang dibacakan oleh staf ahli bidang pemerintahan, hukum dan politik Ulfawati mengatakan, kegiatan Porseni merupakan aktivitas keagamaan yang sangat akrab dikalangan masyarakat Indonesia, khususnya di kabupaten Koltim.
Untuk itu pihaknya mengajak kepada semua pihak yang terkait dalam pelaksanaan kegiatan Porseni ini, agar bersama-sama mensukseskan pelaksanaan kegiatan ini demi untuk mengasah dan mempertajam bakat dan kemampuan para siswa dalam bidang olahraga dan seni. Dan yang lebih penting lagi adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan bagi para siswa serta mencetak kader-kader pendakwah yang bisa menjadi panutan bagi masyarakat Koltim secara luas. “Kita berharap kedepan regenerasi Koltim dapat memberi dampak positif bagi kemajuan Koltim,” ungkapnya.
Di tempat yang sama, kepala kantor Kemenag Koltim Muhammad Yusuf, mengapresiasi terselenggaranya kegiatan Porseni dan berharap melalui kegiatan dua tahunan ini dapat mempererat tali silaturahmi antar siswa dan juga guru.
“Kegiatan ini cukup bagus dan positif yang bisa melahirkan ukhuwah madrasah yang lebih mantap, apalagi kita punya wilayah saling berjauhan jadi setelah adanya kegiatan ini mereka bersatu datang kesini membentuk suatu komunitas sehingga semakin mempererat tali silaturahmi,” akuhnya.
Sementara itu, kepala pondok pesantren Al-Bukhari Wesalo Ustad Usman Hamid mengatakan ada beberapa jenis kegiatan olahraga dan seni yang akan diperlombakan yanki untuk dibidang olahraga meliputi pertandingan bola mini, tenes meja bulu tangkis, bola voly, takrow, lari karung dan lari 100 meter. Sedangkan untuk bidang kesenian ada beberpa lomba yang akan dipertandingkan meliputi lomba kaligrafi, kasida pidato bahasa arab dan bahasa inggris, cerdas cermat quran (CCQ), tadarus, dan lomba adzan.
“Harapan kami dengan adanya kegiatan ini akan melahirkan para talenta-talenta mudah berbakat yang siap berlomba diajang yang lebih luas lagi baik itu ditingkat provinsi, nasional maupun internasional,” harapnya. (k9/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top