BERITA UTAMA

Praperadilan Gugur, Pengacara Setnov Tuding KPK Paksakan Sidang e-KTP

KOLAKAPOS, Jakarta–Gugatan praperadilan yang dilayangkan Setya Novanto akhirnya digugurkan oleh Hakim Tunggal Kusno. Adapun salah satu hal yang menjadi pertimbangan hukum digugurkannya praperadilan tersebut, karena sudah dimulainya sidang pokok perkara di PN. Tipikor Jakarta Rabu (14/12) kemarin.
Menanggapi kekalahannya dari KPK, salah satu tim pengacara Setya Novanto, Nana Suryana menengarai adanya upaya pemaksaan yang dilakukan KPK untuk mempercepat sidang perkara pokok, meskipun klienya sakit. Hal ini menurut Nana, dilakukan agar gugatan praperadilan yang dilayangkan pihaknya menjadi gugur secara otomatis.
“Kalau itu ya kelihatannya dia (Setya Novanto) memang kondisinya gak baik dan memang kalau dilihat kemarin itu kan sidang itu dipaksakan untuk jalan, karena kaitannya dengan praperadilan,” kata Nana, di Jakarta Kamis (14/12).
Nana menambahkan, meskipun digugurkan, karena sudah menjadi putusan hukum, maka pihaknya menghormati keputusan yang dikeluarkan Hakim Kusno, meskipun harus menelan ‘pil pahit’.
“Mengacu pada Pasal 82 ayat 1 putusan MK ini menjadi gugur karena pokok perkaranya sudah diperiksa di PN Tipikor. Kami hargai dan kami hormati, kami juga terima memang peraturannya begitu,” imbuh Nana.
Dilain pihak, atas gugurnya praperadilan yang dilayangkan mantan Ketua Umum Partai Golkar tersebut, maka pihaknya berhenti menjadi tim penasihat hukum Setya Novanto.
“Kebetulan kami berempat hanya fokus di masalah praperadilan. Di bagian pokok perkara di lawyer lainnya. Kami gak akan bergabung ke sana,” pungkas Nana. (Fajar/JPC)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top