METRO KOLAKA

USN Kolaka Cetak 707 Sarjana

Rektor USN, Azhari, saat mewisuda salah satu lulusan.FOTO:Mirwanto/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka kembali melaksanakan prosesi pelantikan (wisuda) atas lulusan-lulusannya. Dalam Rapat Terbuka Senat Universitas Sembilanbelas November Kolaka yang digelar Aula Hotel Sutan Raja Kolaka pada Sabtu, 14 Desember 2016 kali ini, Rektor USN, Dr. Azhari mewisuda sebanyak 707 lulusan baru USN. Prosesi Wisuda kali ini merupakan untuk yang ke Empat kalinya sejak USN menjadi Perguruan Tinggi Negeri dan telah menelorkan sebanyak 6.183 alumni secara keseluruhan baik sebelum menjadi perguruan tinggi negeri maupun setelahnya.

Para wisudawan baru yang dilantik tersebut berasal dari 6 Fakutas yang ada untuk Jenjang Sarjana S1. Prosesi wisuda ini disaksikan oleh para Guru Besar/Dosen Universitas USN, perwakilan alumni (IKA-UA), undangan Muspida, serta yang berbahagia orangtua para wisudawan dan Wisudawati. Prosesi wisuda kali ini juga dihadiri langsung oleh Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti , Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc. dan juga Sekretaris Daerah Prof. Sultra Lukman Abunawas.

Pada prosesi wisuda kali ini, diantara 707 lulusan wisudawaan dan Wisudawati USN, terdapat 11 lulusan yang terbaik. Rektor USN Kolaka, Dr. Azhari, menyatakan kebanggaannya dan memberikan apresiasi terhadap para wisudawan, terutama kepada 11 wisudawan terbaik pada prosesi wisuda kali ini. Adapun Pada wisuda program sarjana IV, lulusan terbaik adalah Retno Susanto (Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Halima (Prodi Pendidikan Matematika), Junanto Sumbung (Prodi Agro Teknologi), Nyerlin (Prodi Agri Bisnis), Marwayanti (prodi Perikanan), Mukarrama (prodi Peternakan), Herna Safitiri (Prodi Teknik Sipil), Tamsil Indra Gunawan (Prodi Teknik Pertambangan), Nur Alam Syah (Prodi Ilmu Administasi Negara), Asril Jaya (prodi Ilmu Hukum), Iluh Dewi Sari (Prodi Sitem Informasi).

Dalam kesempatan tersebut, Rektor menitipkan beberapa pesan kepada pada wisudawan dan wisudawati. Beberapa pesan tersebut diantaranya agar lulusan USN Kolaka bisa menjadi alumni yang tidak ragu dengan cita-citanya.

“Jangan ragu bercita-cita sebab sebelumnya tidak ada yang mimpikan USN akan menjadi negeri, Anandaku , bermimpi itu beda dengan bercita-cita, bedanya orang bermimpi dia tidak bisa mengendalikan mimpinya, kalau orang bercita-cita itu dia memiliki target dan bisa mengatur dan memprediksi apa yang menjadi mimpinya, kalau hanya bermimpi dia tidak bisa mengendalikan mimpinya,” papar Rektor.

Dihadapan ribuan orang itu, Rektor juga memaparkan mengenai sejarah penegerian USN dan perkembangannya. Dipaparkannya bahwa USN Kolaka diresmikan oleh Mantan Presiden Republik Indonesia Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono, berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 22 tahun 2014 tentang pendirian Universitas Negeri Sembilanbelas Nopember, bersama lima Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia, ditandai penandatanganan prasasti tanggal 2 April 2014, di Nusantara Room Istana Negara, Rabu, 2 April 2014. Selanjutnya, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI Prof Muhammad Nuh melantik Dr Azhari sebagai Rektor USNKolaka periode 2014-2018, bersama tiga Rektor Negeri dan empat Direktur Politeknik Negeri di graha utama, gedung A lantai 3 Kemendikbud Jakarta Pusat, senin 26 Mei 2014, berdasarkan Keputusan Mendikbud RI nomor 105/MPK.A4/KP/2014, tertanggal 24 April 2014. Dan dalam Kesempatan itu ektor menyampaikan terima kasihnya kepada semua tokoh-tokoh pendiri dan perintis USN.

Dr. Azhari juga menyampaikan bahwa saat ini di USN Kolaka telah mengusul beberapa program Studi (Prodi) baru. Tak kalah pentingnya, Rektor juga memaparkan bahwa USN Kolaka begitu peduli kepada Mahasiswa yatim piatu, sehingga semua beasiswa, baik itu bidik misi atau yang lainnya, yang paling utama diperuntukkan pada mahasiswa yatim piatu, yatim, atau piatu kemudian berasal dari keluarga miskin.

Pada kesempatan itu, Azhari berpesan kepada wisudawan supaya bisa menjaga diri dan almamater dimanapun berada. Begitupun yang telah bekerja, supaya menjaga amanah itu dengan baik.

Sementara Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti , Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc., dalam sambutannya pada prosesi wisuda tersebut, menginggatkan untuk senantiasa menghargai dan menginggat peran yang diberikan oleh para pendiri Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, khususnya mereka yang mendirikan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) 19 November Kolaka.

“Kita mengapeseasi bagi mereka yang telah berjuang menjadikan PTN ini, dimulai dari STIKIP hingga menjadi universitas negeri,” ungkapnya.

Lanjut nya, para wisudawan dan wisudawati yang menempuh pendidikan tinggi di USN patut berbangga dan bersyukur dan berterima kasih kepada orang tua masing-masing, sebab di Indonesia dari jutaan orang yang usianya patut menempuh pendidikan tinggi hanya 31 persen yang bisa memiliki kesempatan menempuh pendidikan tinggi.

“Para wisudawan patutnya bersyukur, sebab daai sekian orang yang usianya patut menempuh pendidikan tinggi, hanya sekita 31 persen saja yang memilki kesempatan itu, sisanya terkendala berbagai hal termasuk biaya, sehingga kalian patut berterima kasih kepada orang tua masing-masing yang telah membiayai ke perguruan tinggi,” ungkapnya.

Diungkapkannya pula, agar para wisudawan dan wisudawati dapat mengembangkan diri untuk mencapai cita-citanya demi kepentingan bangsa dan negara.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top