KOLAKA TIMUR

WNA Perlu Pengawasan Ketat

Ilustrasi WNA

KOLAKAPOS, Tirawuta–Keberadaan warga negara asing (WNA) tak boleh dipandang sebelah mata. Pasalnya, jumlah WNA terus mengalami peningkatan.
Menurut bupati Koltim Tony Herbiansyah, keberadaan WNA yang melakukan beragam kegiatan di wilayah hukum Indonesia perlu mendapat perhatian semua pihak. Oleh karena itu, koordinasi antar instansi terkait dalam rangka menyamakan persepsi pengawasan kegiatan orang asing di daerah sesuai dengan bidang tugas masing-masing mutlak dilakukan.
“Dilihat dari posisi yang sangat strategis, sebagai tujuan maupun transit lalu lintas orang asing dan barang maka sangat potensial diboncengi oleh kepentingan lain secara ilegal dan tidak bertanggung jawab, misalnya perdagangan manusia, lalu lintas barang terlarang seperti narkoba, psikotropika serta kepentingan bernuansa politik, ekonomi, sosial budaya yang dapat mengancam stabilitas negara dan daerah,” ujarnya.
Menurutnya, kehadiran investasi asing, memang sangat dibutuhkan sepanjang membawa manfaat bagi pembangunan dan pengembangan daerah. Namun, dampak negatifnya juga harus diwaspadai. Untuk itu, kehadiran Tim Pora di Koltim sebagai wadah tempat tukar-menukar informasi sehubungan dengan perlintasan, keberadaan dan kegiatan orang asing di Koltim merupakan hal penting, sehingga kewaspadaan dan pengawasan yang tidak berlebihan dan memicu terganggunya kenyamanan dan kelancaran aktivitas orang asing dapat dilakukan.
Selain itu, untuk menjamin tetap terpeliharanya stabilitas kepentingan Nasional dan Daerah dari dampak negatif yang mungkin timbul akibat perlintasan orang antar negara, keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah NKRI.
“Diharapkan semuanya dapat menyamakan persepsi sebagai anggota Tim Pora, dengan demikian maka akan bisa mendapatkan data dan informasi tentang keabsahan dan kegiatan orang asing di daerah sesuai dengan bidang tugas masing-masing,” tandasnya. (k/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top