METRO KOLAKA

Dinkes Kolaka Evaluasi Kinerja Tahunan

KOLAKAPOS, Kolaka–Guna mengetahui sejauhmana hasil kinerja disetiap pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas), Dinas kesehatan (Dinkes) Kolaka mengelar pertemuan evalusai program tahun dan perencanaan terpadu tahun anggaran 2017.

Kegiatan yang dipusatkan diaula kantor Dinas kesehatan Kolaka berlangsung selama dua hari 16-17 Desember diikuti semua Puskesmas se-kabupaten Kolaka. Kegiatan Evaluasi dibuka oleh kepala bidang pelayanan dan sumber daya kesehatan Dinkes Kolaka dr H Abdul Azis Amin dan dihadiri Kepala Bidang Program Dinkes Sultra Safiundin Alibas dan kepala Puskesmas se-kabupaten Kolaka.

Ketua panitia kegiatan Titik Hariati Kepada Kolaka Pos mengatakan kegiatan evaluasi program merupakan kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan pihak Dinkes untuk mengetahui sejauh mana hasil program-program yang telah dicapai selama setahun apakah sudah sesuai target atau belum.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang selalu dilaksanakan disetiap akhir tahun yang bertujuan melakukan evaluasi terhadap semua pelaksanaan program yang ada di puskesmas,” ungkapnya.

Menurut Titik, semua puskesmas yang berjumlah 14 puskesmas yang tersebar di 12 kecamatan akan memaparkan hasil kinerjanya dari semua program yang telah dilaksanakan. kemudian dari hasil evaluasi nanti akan diketahui pencapaian yang telah dilakukan setiap Puskesmas, serta akan mengetahui kendala-kendala apa yang ada disetiap programmer.

” Selain pencapaian programmer, kita juga akan mengetahui berapa jumlah realisasi anggaran yang sudah digunakan atau dicairkan disetiap Puskesmas dan berapa jumlah PADnya dalam setahun ” jelasnya.

Lanjut Titik, jika terdapat kendala akan segera dibenahi dan di bahas secara bersama. Selain itu juga melalui kegiatan ini akan dilakukan diskusi untuk menyatukan data atau mensinkronkan data yang ada di puskesmas dan yang ada di Dinkes. Pihaknya juga mengundang dua narasumber dari Dinkes provinsi untuk memberikan materi dan juga masukan, sehingga dengan kedatangan dua pemateri ini bisa menjadi bahan masukan bagi semua puskesmas.

” Melalui forum diskusi kita akan mencari solusinya agar ditahun depan akan lebih baik lagi, sehingga setiap programmer dapat dilaksanakan sesuai dengan target ” tutupnya.

Untuk itu titik berharap melalui kegiatan ini, semua puskesmas dapat melaksanakan semua programmer yang ada dengan sebaik-baiknya sehingga pencapaian setiap programmer dapat terwujud. “Kita harapkan ada peningkatan disetiap tahunnya sesuai dengan harapan kita bersama,” harapnya. (K9/hud).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top