KOLAKA UTARA

Kolut Dapat Bantuan Keserasian Sosial

Peresmian usaha tani dan Pamsimas di Desa Ngapa Kecamatan Ngapa.FOTO:Suleha/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Lasusua–Tahun ini Bumi Patampanua mendapatkan bantuan keserasian sosial masyarakat dari Kementerian sosial, yang bertempat di Desa Ngapa Kecamatan Ngapa, Desa Lalume Kecamatan Pakue dan Desa Alipato Kecamatan Batu Putih.
Bantuan keserasian sosial sudah selesai dilaksanakan dan bupati Kolaka Utara Nur Rahman Umar meresmikan Jalan baru bantuan keserasian sosial masyarakat sebanyak 105 meter dan lebar 6 meter dengan anggaran Rp109.000.000 di Desa Ngapa Kecamatan Ngapa, Minggu (17/12).
“Bantuan dari pemerintah ini harus digunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, karena semua bantuan itu untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya.
Usai meresmikan jalan usaha tani, Bupati Kolaka Utara melanjutkan meresmikan Program Sanitasi Masyarakat (Pamsimas) di desa Ngapa. Pamsimas berasal dari APBN sebanyak Rp322 juta dan mampu mengaliri 400 kepala keluarga di Desa Ngapa.
Bupati Kolaka Utara berpesan, masyarakat harus menjaga alam, pasalnya sumber air berasal dari alam yakni dengan masih banyaknya hutan yang masih terjaga.
“Mari kita menjaga kelestarian alam, jangan merusak hutan karena sumber air ini berasal dari hutan jika hutan berkurang debet airpun akan berkurang,” jelasnya.
Lebih lanjut dia menyatakan, bahwa program Pamsimas harus dijaga, jangan sampai setelah digunakan namun tidak terpelihara dengan baik.
“Dulu ada program care dari Kanada awalnya kencang sekali airnya, tapi lama kelamaan airnya tidak lancar lagi karena ketidak sadaran dari masyarakat, jadi jaga dengan baik buat regulasinya agar bisa digunakan dan dinikmati oleh masyarakat,” tandasnya. (cr2/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top