SULSELBAR

Pemkot Harus Tegas

DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar meminta Pemerintah Kota Makassar mengambil sikap tegas terhadap organisasi perangkat daerah (OPD) yang kinerjanya masih kurang, khususnya dalam penyerapan anggaran di triwulan ke empat.

Anggota Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Makassar, Irwan ST, bahkan menegaskan, rata-rata serapan anggaran yang ada pada mitra Komisi C memang tidak mencapai 40 persen tetapi banyak pembangunan fisik yang sudah melebihi dari 60 persen. Hal ini disebabkan banyak kontraktor yang belum mengajukan pencairan anggaran, namun mereka terus bekerja dengan menggunakan dana perusahannya.

Selain itu, Irwan juga mengakui jika ada SKPD yang kerjanya tidak nampak sama sekali, ia mencontohkan Diskominfo dan PU yang serapan anggarannya sangat minim, padahal pemkot ingin anggaran yang diberikan bisa terserap dengan baik.

“Betul itu dek’ ada memang OPD yang serapannya anggarannya masih rendah, meski pada pekerjaan fisiknya sudah sampai 40 persen, hal ini biasanya terjadi karena pihak kontraktor menggunakan dananya,” ungkapnya saat di DPRD Makassar, kemarin.

Sementara itu, Ketua Komisi D Bidang Kesra DPRD Makassar, Sampara sarip menegaskan, tidak ada satupun mitranya mencapai target serapan di tahun ini. Seperti mitranya di Dinas Kesehatan dan Kesejahteraan Rakyat. “Pemkot harus tegas soal itu. Kalau memang hingga akhir 2017 belum ada OPD yang serapan anggarannya 100 persen lebih baik diberikan warning atau penegasan saja,” jelas Sampara Sarip. (fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top