BERITA UTAMA

Safei Janji Besarkan Budaya Kerajaan Mekongga

Kolaka, H.Ahmad Safei memukul gong sebagai pertanda dimulainya seminar pelatihan Tolea se Kabupaten Kolaka, Selasa, (19/12). Foto : Kaulia Ode/ Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka – Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei berjanji bakal membesarkan budaya kerajaan Mekongga di Kolaka. Hal itu diungkapkan Safei, saat membuka acara seminar pelatihan juru bicara Adat Mekongga atau Tolea, se Kabupaten Kolaka, di Hotel Sutan Raja, Selasa (19/12) kemarin.

Di hadapan para Tolea, Safei mengatakan membangun suatu budaya, membutuhkan komitmen yang besar. Sebab, menurut dia budaya suatu daerah merupakan aset yang harus dirawat dan dikembangkan, guna menunjang roda pemerintahan yang baik.

“Dan sejak dahulu, pemda Kolaka berkomitmen membangun budaya kerajaan Mekongga,” ujarnya.

Kata Safei, bukti komitmen itu dapat dilihat dari program yang sudah dijalankan oleh pemerintah daerah saat ini.
Ia menyinggung, dalam ABPD terdapat pos untuk aktivitas membangun kebudayaan Mekongga di Kolaka.

“Kalau bisa ke depannya, ada yang dipekerjakan untuk mengawal aktifivis Raja Mekongga. Misalnya kalau perlu kita anggarkan di APBD untuk honor pembantu Raja,” ujar Safei disambut aplus para Tolea.

Bupati berharap, pemangku adat di Kolaka harus tetap bekerjasama dengan pemda Kolaka. Apapun kegiatan yang dilakukan para Tolea harus tetap bersinergi pemerintah setempat, guna membangun Kolaka yang lebih baik.

Untuk diketahui, seminar pelatihan juru bicara adat Mekongga itu dihadiri sekitar 70 Tolea yang ada di Kolaka. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu, terselenggara atas inisiasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kolaka. (kal/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top