EKOBIS

Surabaya-Mojokerto, Jokowi Jajal Mobil Listrik

KOLAKAPOS, Surabaya — Presiden Jokowi akan meresmikan tol Surabaya-Mojokerto (sumo) hari ini. Bahkan, Presiden diagendakan mencoba untuk melaju di atasnya.

Namun, tidak menggunakan mobil kepresidenan. Bila tidak ada perubahan, Presiden akan menjajal tol anyar itu menggunakan mobil listrik bikinan ITS.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna saat dikonfirmasi tidak membantah bahwa Presiden direncanakan menggunakan mobil listrik.

’’Pada prinsipnya mobil listrik itu disediakan di lokasi peresmian,’’ terangnya.

Pihak ITS sendiri sudah menyiapkan beberapa kendaraan listrik andalannya untuk dipilih presiden saat hendak berkendara di tol. Yakni, Ezzy II, Lowo Ireng, bus tenaga surya dan listrik, plus dua motor Gesits.

’’Kalau beliau nanti berkenan mencobanya, akan menjadi kehormatan bagi kami,’’ ujar Rektor ITS Prof. Ir Joni Hermana, M.Sc, ES, Ph.D saat dikonfirmasi kemarin.

Salah satu yang ditawarkan kepada presiden untuk dikendarai adalah mobil dua penumpang Ezzy II.

’’Ezzy pernah diuji coba di Jalur Jakarta-Surabaya melalui Bandung dan Jogja,’’ lanjut Joni.

Sejak kemarin, Ezzy II bersama kendaraan listrik lainnya sudah berada di Gate tol Warugunung dan siap untuk digunakan.

Joni menuturkan, Kamis (14/12) lalu pihaknya dihubungi oleh Kementerian PUPR terkait rencana peresmian tol Sumo.

Pihak Kementerian PUPR yang baru saja berkoordinasi dnegan kantor staf presiden (KSP) menyampaikan, Presiden ingin menjajal mobil listrik ITS saat peresmian jalan tol hari ini.

Dari situ, pihak ITS diminta mengirimkan gambar dan spesifikasi setiap mobil listrik yang ada untuk diajukan ke KSP sebagai bahan pertimbangan.

’’Kami kirim gambar mobil listrik dan bus listrik yang kami punya, dan dibuat tahun 2014 dan 2015 lalu,’’ tutur alumnus University of Newcastle Upon Tyne, Newcastle, Inggris, itu.

Disinggung mengenai kemungkinan berbicara dengan presiden mengenai pengembangajn industri mobil listrik, Joni menyatakan belum bisa menjawab. Sebab, hal itu bergantung kondisi di lapangan hari ini.

’’Tapi keinginan saya, karya inovatif anak bangsa bisa mendapat tempat dan di-support pemerintah. sehingga, bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri,’’ tambahnya.

Hal senada disampaikan Direktur Eksekutif Pusat Unggulan IPTEK Sistem dan Kontrol Otomotif (PUI-SKO) Muhammad Nur Yunianto. Menurut dia, dalam peresmian hari ini Ezzy II akan mendapatkan prioritas.

’’Presiden Jokowi rencananya akan menjajal naik mobil listrik Ezzy II saat peresmian tol Sumo,’’ ujar Yunianto dalam keterangan tertulis kemarin.

Ezzy sendiri merupakan generasi kedua, pengembangan dari mobil Ezzy I yang dirintis pada 2013.

Ezzy II menggunakan baterai 20 kWh dengan kemampuan jarak tempuh 130 km. Mobil itu memiliki kecepatan maksimal 180 km/jam dengan distribusi berat yang lebih stabil.

Kendaraan-kendaraan listrik itu sudah disiapkan sedemikian rupa sehingga bisa memberikan performa terbaik saat dijajal presiden. ’

’Mobil dan motor yang akan ditunjukkan ke Presidne sudah diuji coba dua malam terakhir, dan sekarang siap digunakan saat peresmian tol Sumo,’’ terang teknisi mobil listrik ITS Ayuning Fitri Desanti.

Untuk menunjang legalitas saat uji coba hari ini, Polda Jatim sudah meberikan surat jalan dan pelat nomor uji coba untuk kendaraan-kendaraan tersebut.

’’Kami diberi surat jalannya pekan lalu setelah ada kepastian (akan digunakan presiden),’’ tutur Humas ITS Melania S Muntini kemarin.

Sebelumnya, kendaraan-kendaraan itu memang belum mendapatkan surat jalan karena merupakan produk penelitian.

Selama ini, penggunaannya pun terbatas di lingkungan kampus. Tidak sampai digunakan di jalanan, kecualiEzzy II yang sempat diuji coba keliling Jawa. (jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top