METRO KOLAKA

Basarnas : Sebaiknya Nelayan Kolaka Jangan Melaut

Kordinator Pos Badan Sar Nasional (Basarnas) Kolaka Andi Muh. Akbar saat memantau kondisi wilayah kabupaten Kolaka.FOTO:Dadang/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Kordinator Pos Badan Sar Nasional (Basarnas) Kolaka Andi Muh. Akbar menghimbau nelayan lebih berhati-hati saat akan melaut di perairan Kolaka, pasalnya saat cuaca kurang bersahabat. Cuaca tersebut bisa mengakibatkan kecelakaan saat berlayar terutama perahu kecil seperti perahu nelayan terdisional.

“Saat ini gelombang mencapai satu hingga dua meter. Angin juga kencang antara 17 hingga 23 knot masih riskan untuk para nelayan jika akan melaut,” ujar Akbar

Oleh karena itu para nelayan diimbau agar mengikuti informasi dari pihak terkait maupun Badan Meteorologi yang ada di Kolaka. Kondisi ombak yang tinggi dapat mengakibatkan kapal atau perahu terbalik.

“Minimal kalau mau melaut pakai jaket pelindung dan alat keselamatan. Dan saya kira nelayan Kolaka lebih mengetahui kondisi lautan dengan tanda alam yang ada,” katanya.

Untuk personil di kantor sar Kolaka ada 20 orang personil. Basarnas Kolaka selalu siap siaga jika mendapat laporan adanya bencana baik itu, laut, udara maupun darat.

“Personil kami selalu siap siaga di Pos Sar Kolaka. Semuanya selalu siap dengan kondisi apapun,” tambah Akbar.

Sementara itu, Burhanuddin salah satu nelayan Kolaka mengatakan sudah ampir satu minggu terakhir musim paceklik ikan dialami nelayan. Faktor cuaca buruk menyebabkan nelayan menghentikan aktivitas melaut.

“Kami saat ini masih takut melaut, angin kencang sedangkan ombak pun tinggi. Kami tidak mau mengambil resiko mencari ikan dilaut,” katanya.

Ia menuturkan kondisi cuaca buruk tidak dapat ditentukan namun menurut prediksinya gelombang tinggi diperkirakan berakhir pada Maret.

“Paling pertengahan Maret nelayan baru berani melaut. Saat ini tidak ada yang berani melaut. Berani pun cuma di tepi, tentunya daerah yang terlindungi pulau,” tandasnya.(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top