KONAWE SELATAN

Kades Harus Berinovasi Kembangkan Potensi Desa

Bupati Konsel Surunuddin Dangga.

KOLAKAPOS, Andoolo–Pemkab Konsel kembali mengajak camat dan kepala desa (Kades), untuk mengembangkan segala potensi yang ada di desa. Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Bupati Konsel Surunuddin Dangga mengatakan, kegiatan program inovasi desa yang dihadiri oleh camat dan kades se-Konsel, merupakan langkah maju tahun kedua dari kepemimpinannya sebagai kepala daerah bersama wakilnya Arsalim Arifin.
“Setiap desa harus mempunyai unggulan, sebagaimana tertuang dalam undang-undang desa. Untuk itu, program inovasi desa ini adalah bagaimana kita mendorong potensi wilayah, sehingga masyarakat akan melihat apa yang menjadi unggulan di desanya,” jelasnya.
Lanjutnya, program inovasi desa sebagai gambaran program pemanfaatan dana desa (DD), dengan memberikan banyak referensi dan merevitalisasi dalam mewujudkan ekonomi lokal desa. Surunuddin tidak mau kepala desa menandatangani kontrak dengan kontraktor, melainkan ingin mendorong kegiatan desa yang dilakukan sendiri.
“Dalam mendorong kesejahteraan warga Kades harus didorong, melalui pertemuan ini kita memberikan pemahaman dalam melihat unggulan dan potensi desa kita. Sebab, tahun 2018 sasaran kita peningkatan ekonomi desa,” terangnya.
Lebih lanjut dikatakannya, program inovasi dalam mengetahui dan menciptakan lapangan kerja sendiri. Demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.
“Saya tidak mau ada masyarakat Konsel berbondong-bondong ke luar negeri mencari pekerjaan. Tetapi kita melihat potensi apa yang ada di desa kita. Konsel memiliki potensi yang kaya. Baik peternakan dan pertanian. Kita telah menjadi sentra pembibitan sapi secara nasional. Kita harus menyadari kalau daerah kita cukup kaya dan subur,” ungkapnya.
Selain itu, pekarangan jangan dibiarkan ditumbuhi padang ilalang. Pihaknya mengajak masyarakat mendorong inovasi dengan melihat potensi-potensi yang ada di desa.
“Kenapa kita harus miskin sementara desa atau tempat kita cukup kaya,” tutupnya. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top