METRO KOLAKA

DISBUNAK Kolaka Himbau Petani Manfaatkan Kulit Kakao

Net/ILustrasi

KOLAKAPOS, Kolaka–Kulit kakao atau Coklat di Kolaka sampai saat ini belum dimanfaatkan dengan baik oleh para petani kakao. Karena belum ada pemanfaatkan, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kolaka memberikan penyuluhan kepada petani Kakao di sekitar kampung coklat mengenai pengetahuan dalam pengolahan kulit kakao menjadi pakan ternak kambing.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolaka H.Muh.Bachrun Hanise melalui kepala Bidang peternakan Ansar mengakan beberapa waktu lalu telah memberikan pengetahuan kepada petani. Kegiatan dilakukan karena saat ini masih banyak petani yang tidak memanfaatkan kulit kakao menjadi pakan pernak.

“Dengan diberinya pegetahuan mengenai cara membuat pakan ternak dengan menggunakan kulit kakao. Diharapkan petani kakao bisa mengaplikasikan tanaman kakao dengan peternakan tetutama ternak kambing,” kata Ansar.

Lanjut Ansar kegiatan yang di laksanakan di kampung Kakao Lalombaa semoga bisa diterapkan oleh para petani kakao. Intinya adalah petani tidak lagi membuang limbah kulit kakao tetapi bisa dijadikan pakan ternak sapi dan kambing dengan cara fermentasi. Diharapkan petani sudah bisa mengintegrasikan coklat dengan ternak sapi dan kambing yang dengan keduanya bisa menamabah pendapatan petani baik dari buah kakao maupun kotoran ternak bisa dijdikan pupuk organik

“Diharapkan pula dengan terintegrasinya ternak dan kebun coklat lahan petani kita bisa lebih subur dengan penggunaan pupuk organik. Artinya petani kita sudah tidak menggunkan pupuk kimia sehingga biaya produksi untuk perawatan kakao sudah bisa diminimalisir,” katanya.(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top