KOTA KENDARI

Kebun Raya Kendari Masih Tertutup untuk Umum

KOLAKAPOS, Kendari–Pelaksana Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Kendari, Moh Nur Rasak mengatakan, pembangunan Kebun Raya Kendari tahap 1 dan 2 tuntas, namun masih tertutup untuk umum sebab masih dalam tahap pengawasan pihak ketiga.

“Penyerahan aset Kebun Raya Kendari beberapa waktu lalu sudah dilakukan untuk tahap pertama. Insya Allah tahun depan menyusul tahap kedua dan sekaligus pekerjaan pembangunan tahap ketiga,” kata Nur Rasak di Kendari.

Ia mengatakan, untuk anggaran pekerjaan tahap 3 Kementerian PUPR sudah menyediakan dana sekira Rp15 miliar tahun 2018 dengan beberapa item pekerjaan.

“Anggaran ini kemungkinan masih berkurang karena pemerintah pusat menyiapkan anggaran cadangan untuk kegiatan Asian Games karena Indonesia jadi tuan rumah, namun dananya akan dimaksimalkan tahun 2019 sekaligus peluncuran Kebun Raya Kendari,” ujarnya.

Menurutnya, pekerjaan pembangunan Kebun Raya Kendari tahap 3 tahun 2018 meliputi, pekerjaan pembangunan gedung konservasi, pekerjaan pembangunan gedung edukasi, pagar keliling, dan pagar pengaman tanggul lanjutan, serta jalan lingkungan yang akan dikerjakan oleh Pemerintah Kota Kendari.

“Tahun 2017 ini Kebun Raya Kendari mendapat alokasi anggaran sekira Rp11 miliar untuk membangun 9 item pekerjaan, yaitu, pembangunan rumah arboretum, peningkatan jalan utama dan pediatrian, pembangunan area parkir kendaraan, pembangunan rumah paranet/nursery,” katanya.

Kemudian, pembangunan rumah harsdscape arboretum, pembangunan hardscape campign ground, pembangunan hardscape taman ultra basic, pembangunan landscape visitor centre dan landscape gedung pengelola, serta pembangunan pintu gerbang dan pagar pengaman tanggul. (p2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top